SUASANA PENJEMPUTAN CALON PENDETA TERPILIH

Sabtu (30/09/2017) Gereja Kristen Sumba (GKS) Jemaat Mata kembali melakukan penjemputan Pendeta Terpilih atas nama Vicaris Ariyanto Bili, S.Th untuk Calon Jemaat Mandiri yaitu GKS. Jemaat Mata Cabang Kererobbo dari GKS Jemaat Waimangura di mana Calon Pendeta Terpilih menjalakan masa Vicariatnya.

Acara penjemputan tersebut diikuti oleh warga GKS. Jemaat Mata Cabang Kererobbo maupun maupun dari Jemaat Mata Pusat, Cabang Kererobbo merupakan Calon Jemaat Mendiri. Dalam acara penjemputan di GKS. Jemaat Waimangura diawali dengan Ibadah yang dipimpin langsung oleh Vicaris Ariyanto Bili, S.Th. Dalam Khotbahnya menekankan bahwa dimana ada pertemuan disitu pasti ada perpisahan, namun perpisahan kali ini merupakan suatu perpisahan yang mendatangkan kebaikan dan awal dalam mengemban tugas pelayanan di Jemaat bakal mekar yaitu GKS. Jemaat Mata Cabang Kererobbo, karena itu sangat mengharapkan dukungan doa dan topangan dari seluruh Jemaat Waimangura.
Ketua Badan Pelaksana Majelis Jemaat (BPMJ) GKS. Jemaat Waimangura dalam sambutannya mengucapkan terimaksih atas segala totalis pelayanannya selama masa vicariatnya di Jemaat Waimangura selama kurang lebih 9 bulan dan sebenarnya mereka mengharapkan Pak Vicaris Ariyanto Bili akan dicalonkan juga untuk pemanggilan Pendeta kedua di Jemaat Waimangura namun Tuhan berkehendak lain sehingga beliau dicalonkan dan terpilih untuk menjadi calon Pendeta di GKS. Jemaat Mata Cabang Kererobbo yang bakal mekar menjadi Jemaat Mandiri dimana beliau akan mengabdi sebagai Pendeta setelah di thabiskan pada tanggal 27 oktober 2017 mendatang.
Suasana haru pun terjadi disaat Vicaris Ariyanto Bili, S.Th menyampaikan ungkapan hati dan rasa terimakasihnya atas dukungan doa dari semua warga Jemaat Waimangura selama dia menjalankan masa Vicariatnya dan hari ini menjadi tonggak sejarah dan titik awal baginya dalam mengemban tugas pelayanan sebagai Hamba Tuhan dan kiranya dukungan dan topangan itu terus berlanjut sekalipun sudah berpisah.
Selanjutnya seluruh keluarga dan warga Jemaat yang hadir baik dari GKS Jemaat Mata dan Warga Jemaat GKS. Jemaat Waimangura turut serta mengantar Pak Vicaris Ariynto Bili, S.Th ke GKS. Jemaat Mata Cabang Kererobbo dan di Jemaat Kererobbo rombongan diterima secara budaya Sumba.
Dalam ibadah syukur penerimaan yang dipimpin oleh Ibu Magdalena Djari – Djawa menekankan bahwa segala yang dilakukan hari ini merupakan wujud rasa syukur atas apa yang telah Tuhan kerjakan terutama dalam segala campur tangan dan kehendak Tuhan sehingga hari ini GKS Jemaat Mata kembali menjemput Calon Pendeta Terpilih untuk Jemaat Bakal Mekar yaitu GKS Jemaat Mata Cabang Kererobbo. GKS. Jemaat Mata memekarkan Cabang Kererobo bukan berarti karena ada persoalan dijemaat namun semata – mata untuk mendekatkan pelayanan kepada Jemaat sehingga pertumbuhan Iman Jemaat semakin meningkat.
Ketua BPMJ GKS. Jemaat Mata Ibu Pdt. Irene Takandjandji, S.Th dalam sambutannya menitik beratkan bahwa seorang pelayan harus konsisten dengan pelayanan dan jangan jadikan pelayanan sebagai batu loncatan untuk mengejar sesuatu yang lebih besar yang sifatnya duniawi dan seorang Pelayan juga harus berani katan benar bila benar dan salah bila salah dengan kata lain katakan ya diatas ya dan tidak diatas tidak.
Dalam segala rangkaian Penjemputan dan Penerimaan, keluarga dalam hal ini keluarga dan orang tua menyerahkan anak mereka Vicaris Ariyanto Bili, S.Th kepada BPMJ GKS Jemaat Mata secara simbolis dengan pengalungan kain dari keluarga kepada Ketua BPMJ dan sebaliknya. Dan keluarga menyadari bahwa Vicaris Ariyanto Bili, S.Th bukan lagi menjadi milik kelurga tapi sudah menjadi milik seluruh warga Jemaat Cabang Kererobbo yang bakal mekar, karena itu keluarga mengharapkan dukungan, nasehat dan topang dari seluruh warga Jemaat dalam segala Pelayanannya nanti.
GKS Jemaat Mata sejak berdiri menjadi Jemaat Mandiri pada tanggal 01 Nopember 1960, sudah memekarkan tiga mata Jemaat yaitu pada tahun 2007 memekarkan GKS Jemaat Tambolaka, tahun 2009 memekarkan GKS Jemaat Poma, tahun 2016 memekarkan GKS Jemaat Kalakikambe dan saat tahun ini akan memekarkan GKS Jemaat Mata Cabang Kererobo  yang rencana akan di Thabiskan pada tanggal 27 Oktober mendatang untuk menjadi Jemaat Mandiri. Dalam pemekaran Jemaat ini tidak bermaksud karena adala masalah dijemaat sehingga dimekarkan tapi untuk mendekatkan pelayanan kepada Jemaat dimasing – masing wilayah pelayanan. (Oleh: Oleh Lambertus O. Ga, penulis adalah ASN di SBD)

Baca Juga :   John Lado Minta ASN Implementasikan Janji Panca Prasetya Korps PNS

Leave a Reply

Your email address will not be published.