STKIP AKAN MENJADI UNIVERSITAS

Tambolaka-SJ……………….. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Weetebula akan segera menjadi universitas, demikian disampikan ketua STKIP Weetebula Wilhelmus Yape Kii, S.Pt.,M.Phil,  saat Wisuda Angkatan ke II  Tahun 2019 di kampus STKIP Weetebula Kecamatan Loura Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD),  Jumad 25/10/2019.

Lebih lanjut Ketua Senat STKIP Weetebula menyampikan plan induk pengembangan STKIP Weetebula pada tahun 2020-2025 akan berubah bentuk menjadi Universitas. Untuk mewujudkan itu semua sekarang kita mengirim  4 dosen untuk studi Doktor (S3) yang kuliah di kampus di Indonesia dan satu dosen studi di luar negeri di Jerman dan kita mengirim 9 dosen lagi untuk tugas S2.

“Untuk mendukung itu kita akan ada penambahan Prodi PAUD. dan juga akan dibuka Fakultas Parawisata, Pertanian, Peternakan dan Teknik” ungkapnya.

Lebih lanjut Wili menjelaskan dari 50 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Provinsi NTT STKIP merupakan salah satu dari 14 PTS yang telah Akreditasi Institusi. Saya mengapresiasi masyarakat dari 2 desa yang telah menghibahkan tanah seluas 100 ha dan menjadikan STKIP Weetebula sebagai kampus dengan luas Lahan terbesar di Indonesia.

Wili mengharapkan wisudahan/wisudawati menjaga nama baik almamater di  masyarakat dan tempat kerja dan juga agar mengikuti Tes CPNS pada bulan ini.

Ketua STKIP Weetebula, Wilhelmus Yape Kii, S.Pt. M.Phil. (tengah) saat pewisudaan lulusan STKIP tahun 2019

Sementara itu Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII Bali dan Nusa Tenggara Prof.Dr.  I Nengah Dasi Astawa, M.Si mengatakan mendukung STKIP berubah bentuk menjadi Universitas. Setelah acara wisuda ini saya tunggu Ketua STKIP dan YAYASAN untuk membawa permohonan perubah bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas.

“Senin tangal 28 November saya tunggu surat permohonannya di kantor” tuturnya tegas.

Baca Juga :   PPA Wali Ati Harus Jadi Penggerak Bagi Anak-Anak GKS Perewatana

Kepala Biro Manajemen Sistem Informasi STKIP yang di Wawancarai oleh media Simon Wudy, S.Pd mengatakan Wisuda ke II, STKIP Weetebula hari ini berjalan dengan baik dan sudah melalui mekanisme dan prosedur yang benar. Antusias sangat luar biasa melihat para wisudawan dan wisudawati melewati acara pada hari ini walaupun panas tetapi setiap acara demi acara berjalan dan dinikmati oleh semua.

Simon Wudy, S.Pd, Kepala Biro Manajemen SIstem Informasi STKIP Weetebula

Lebih lanjut Mondy biasa Ia disapa mendukung rencana Pengalihan STKIP ke Universitas. JIka  dilihat dari jumlah program studi yang ada saat ini,  STKIP Weetebula sudah semestinya beralih dari Sekolah Tinggi ke Universitas. Jumlah program studi ada 6 prodi, namun hal ini perlu kerja keras seluruh komponen civitas akademika, bergandengan tangan agar harapan ini bisa tercapai.

Mondy mengharapakan untuk para Wisudawan/i  harus berjiwa besar dan siap menghadapi tantangan, karena ketika memasuki dunia kerja atau dunia karier akan banyak dinamika yang dihadapi, ini hidup yang harus diperjuangkan, oleh karenanya adik-adikku harus mempersiapkan diri dengan baik, bermental baja dan terus berinovasi.

“Dan bagi adik-adik yang masih studi harus bergerak cepat, lincah dan kreatif agar waktu yang diberikan selama menempuh S1 di STKIP Weetebula jangan disia-siakan, gunakan waktu luang mengunjungi Perpustkaan Kampus, membaca buku dan mencari literatur agar wawasan terus dibangun, selalu mencari informasi terkini tentang perkembangan yang ada, bisa juga mengunjungi Web STKIP WEETEBULA.

Mondy juga berpesan dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras para mahasiswa selama ini yang sudah menjadi bagian penting dalam membangun pendidikan di pulau ini.  

“Pengembangan dan kekuatan STKIP selanjutnya ada pada diri kalian, kalianlah mentor yang bisa memberikan kontribusi didunia kerja. Jika hasil kerjamu bagus,  tentunya STKIP Weetebula akan tetap Jaya, karenanya jangan berhenti BELAJAR dan BELAJAR agar kalian tetap mengasah wawasan kalian tetap tajam, lincah dan tentunya kreatif serta inovatif. selamat memasuki dunia karier” katanya.

Oskar Ndena Nggaba, S.Pd salah satu wisudawan STKIP Weetebula tahun 2019

Sementara itu salah satu wisudawan yang ditemui media Oskar Ndena Nggaba, S.Pd mengatakan momen wisuda adalah sebuah akhir pencapaian dari kuliah yang banyak ditunggu oleh mahasiswa. Dengan mengikuti  wisuda tersebut, saya telah resmi menyelesaikan studi selama 4 tahun di STKIP Weetebula tempat menimba ilmu.

Baca Juga :   SEKOLAH DASAR NEGERI KANDELU KUTURA GELAR PTS

Tentunya wisuda ini menjadi momen kebanggaan tersendiri karena tidak mudah untuk dilaluinya. Sebelum menyandang gelar sarjana, tentunya saya harus melewati perjalanan menimba ilmu dari semester ke semester, ditambah mengerjakan proposal, skripsi, sidang dan berakhir dengan wisuda.

Wisuda kali ini mempunyai momentum yang sangat special,  dimana acara ini bertepatan ulang tahun STKIP dan teristimewanya dilaksanakan di kampus itu sendiri. Banyak orang tua yang tidak begitu tahu dimana kampus ini sendiri, oleh karenanya  melalui acara wisuda ini orang tua ataupun orang yang tidak pernah ke Kampus ini dapat menikmati bagaimana suasana kampus ini sendiri bahkan tahu dimana STKIP ini berada.

Dirinya juga berpesan untuk adik-adik mahasiswa yang masih menjalankan studinya, STKIP adalah kampus yang sangat unggul dan memiliki kelebihan tersendiri seperti yang dikatakan ketua STKIP bahwa calon guru yang dicetak dari perguruan tinggi ini adalah guru-guru yang telah dilatih dari awal melaksanakan micro teaching, SPS, PPl hingga KKN dalam masyarakat. Dimana proses bertahap ini tidak semua perguruan ini dilaksanakan.

“Jadi adik-adik pergunakan kesempatan ini sebagai kesempatan berharga yang hanya datang sekali dalam hidup” tutupnya mengakhiri bincang-bincang dengan media SJ,-*****

Penulis: Octa Dapa Talu,-