Songsong Harhubnas, Syahbandar Weekelo Bersihkan Sampah Di Pesisir Pantai

Kepala Syahbandar Weekelo, I Ketut Gede Sudarma, SE saat jumpa pers

Tambolaka-SJ……….. Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) pada 17 September mendatang, Syahbandar Weekelo menyelenggarakan gerakan bersih laut dan pantai di pesisir pantai Weekelo Desa Rada Mata Kecamatan Kota Tambolaka, Sumba Barat Daya (SBD)  Kamis, 12/9/19. Kegiatan yang melibatkan KP3 Laut, Balai Karantina wilayah kerja Weekelo, Pol Air, Babinsa 1613/02  Kodim Sumba Barat, Sekolah dan masyarakat secara bersama-sama melakukan pembersihan sampah khususnya sampah plastik di sepanjang pesisir Pantai Weekelo.

Pantuan media kegiatan yang dimulai pagi hari pukul 07.00 wita ini diikuti oleh puluhan masyarakat  baik tua muda, laki-laki perempuan memungut dan mengumpulkan sampah-sampah di pinggir pantai khususnya sampah plastik yang berserakan dimana-mana.

Kepala Syahbandar Weekelo, I Ketut Gede Sudarma, SE  dalam  acara jumpa pers mengatakan kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Dirjen Perhubungan Jakarta untuk melakukan kegiatan bersih pantai seluruh pelabuhan di Indonesia dalam rangka pemecahan rekor MURI gerakan serentak bersih pantai seluruh Indonesia.

“Diperkirakan 320 pelabuhan yang ada di Indonesia hari ini secara serentak melakukan gerakan bersih pantai dengan respek laut bersih bikin baper” tuturnya.

Lebih jauh I Ketut Gede Sudarma menjelaskan sampah yang ada di pesisir pantai di SBD tergantung arus.  Secara umumnya pantai-pantai yang ada di SBD sangat indah dan belum begitu tercemar seperti laut-laut di daerah lain.

“Dalam kegiatan ini kita melibatkan instansi terkait yang ada di pelabuhan, masyarakat yang ada di pelabuhan TKBM termasuk kru kapal yang ada disini dan melibatkan anak-anak SD Negeri Weekelo, dan pada tanggal 17 September nanti kita akan melakukan upacara bersama memperingati Harhubnas di dermaga Weekelo” ujarnya lebih lanjut.

Baca Juga :   GASS TUNTUT KEADILAN PENAMBANGAN PASIR

Upaya-upaya lain yang dilakukan oleh pihak Syahbandar Pelabuhan Weekelo adalah  mengingatkan pada warga pesisir bahwa laut yang merupakan bagian kekayaan alam kita yang menghasilkan ikan-ikan, kalau laut ini bersih tentu ikannya juga semakin banyak.

Harapannya semua warga pesisir yang ada di Indonesia akan tergugah hatinya untuk tetap menjaga kebersihan laut.

“Di Weekelo sendiri setiap hari Jumat kita lakukan kegiatan bersih-bersih  setelah itu olahraga sebentar baru kita  lakukan aktifitas di kantor” ungkapnya.

Penanggung jawab wilayah Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Kupang Wilayah Kerja Weekelo, Drh. Vera Lobo yang juga terlibat langsung dalam memungut sampah plastik ini mengatakan sangat mendukung gerakan bersih laut dan pantai ini.

“Sampah-sampah plastik   ini khan tidak terurai sehingga kalau dibuang-buang begini khan mengganggu ekosistem laut. Harus diambil dan dibuang di tempat sampah” ujarnya pada media.

Dirinya juga berharap kegiatan yang baru pertama dilakukan ini akan terus ditindak lanjuti. Seperti kegiatan disela-sela olahraga pada hari Jumat juga bias digabung dengan melakukan bersih-bersih dipesisir pantai.

“Kalau setiap Jumat kita mulai melakukan bersih-bersih seperti ini bagus untuk melestarikan kebersihan pantai, supaya ekosisitemnya juga bagus” ujarnya menutupi perbincangan dengan media.****

Penulis: Octav,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.