SAATNYA KECAMATAN KODI BUKAMBERO MEKAR DARI KODI UTARA

Kodi-SJ……….. Forum Pemekaran Kecamatan Kodi Bukambero lakukan audiensi dengan Camat Kodi Utara, di kantor Kecamatan Kodi Utara Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, Senin (29/11/21).

Hadir dalam kegiatan audiensi tersebut, Ketua Forum Pemekaran Kecamatan Kodi Utara, Yosefine Bore, Camat Kodi Utara,  Heribertus D. Hakalolu, S.Sos., dan beberapa anggota Forum Pemekaran Kecamatan Kodi Bukambero.

Dalam audiensi tersebut dibicarakan rencana pemekaran Kecamatan Kodi Bukambero dengan dukungan dari berbagai pihak.

Menurut Yosefine Bore audiensi tersebut bertujuan untuk minta pendapat dan dukungan pemerintah Kecamatan Kodi Utara untuk mempercepat proses pemekaran kecamatan.

“Kecamatan Kodi Utara merupakan salah satu kecamatan besar di SBD, jadi sudah saatnya dilakukan pemekaran untuk mendekatkan pelayanan pada masyarakat” ungkap Yosefine.

Camat Kodi Utara,  Heribertus D. Hakalolu, S.Sos., dalam tanggapannya pada Kecamatan Kodi Bukambero yang berkunjung ke kantornya memberi apresiasi atas rencana tersebut. Dirinya mengatakan mendukung rencana pemekaran tersebut karena pemekaran kecamatan sangat punya pengaruh terhadap perkembangan wilayah.

“Kami mendukung rencana pemekaran oleh Kecamatan Kodi Bukambero, karena memang Kecamatan Kodi Utara adalah kecamatan dengan jumlah desa terbanyak yaitu 21 desa” ujarnya.

Heri menjelaskan dengan situasi dan kondisi kecamatan Kodi Utara tersebut, rencana pemakaran tersebut sangat memungkinkan dilakukan.

Ketua Forum Pemekaran Kodi Bukambero, Yosefine Bore (kedua dari kanan) saat audiens dengan camat Kodi Utara (kiri)

“Kecamatan Kodi Utara adalah kecamatan dengan jumlah desa terbanyak di SBD, sehingga dengan adanya pemekaran tersebut dapat membantu Pemerintah untuk lebih mendekatkan pelayanan pada masyarakat” jelasnya.

Camat Kodi Utara yang dihubungi media ini usai audiensi menjelaskan pihaknya mendukung penuh rencana pemekaran kecamatan tersebut, karena tidak merugikan desa-desa lain di Kodi Utara, sehingga layak untuk didukung karena bisa meringankan beban kecamatan dan masyarakat pun juga senang karena pendekatan pelayanan pasti terjadi.

Baca Juga :   DPRD NTT MENDUKUNG PEMBENTUKAN PROVINSI SUMBA SABU RAIJUA

Heri menambahkan ia memberikan masukan bagi forum untuk memastikan masalah nama kecamatan, lokasi kantor kecamatan dan memperjuangkan kembali desa Kalembu Kaha untuk kembali masuk ke Kecamatan Kodi Utara.

Camat Kodi Utara, Heribertus D. Hakalolu, S.Sos.

“Masalah nama kecamatan agar tidak memastikan nama Kecamatan Kodi Bukambero, nama Kodi sebagai kenangan nama kecamatan induk tidak boleh dilupakan” katanya menjelaskan.

Lebih lanjut Camat Kodi Utara ini juga minta agar Forum memastkan lokasi kantor kecamatan harus berada di lokasi jalur umum yang mudah dijangkau.  Jika ada lahan baru yang diserahkan oleh masyarakat itu akan sangat bagus, tetapi jika lokasinya di Desa Bukambero, agar lokasi kecamatannya yang aberada di depan, sedangkan desanya mundur ke belakang saja.

“Saya imbau pada mereka untuk memastikan lokasi kantor kecamatan dan juga memperjuangkan kembali Desa Kalembu Kaha untuk kembali kecamatan Kodi Utara. Soal jumlah penduduk desa semuanya sudah pas, “pungkasnya. *** (Ruly/019-21),-