Polres Sumba Barat Kawal Pelaksanaan Tinju Adat PAJURA

Waikabubak-SJ………… Pesta Adat Pasola di Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat berlangsung dalam beberapa tahapan. Malam ini, Minggu (20/2/22) mengawali rangkaian kegiatan Adat Pasola, berlangsung Ritual Tinju Adat “PAJURA”,  berlokasi di pantai Teitena, desa Baliloku, Kecamatan Wanokaka Kabupaten Sumba Barat, NTT.

Untuk memastikan kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K.,M.H,sore ini pimpin apel kesiapan pasukan dalam rangka pengamanan Tinju Adat “PAJURA” yang akan berlangsung malam hingga dinihari nanti di Lapangan Apel Polsek Wanokaka.

Dalam sambutannya, Kapolres menekankan agar personel yang terlibat pada kegiatan pengamanan malam ini melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Lakukan pemeriksaan terhadap miras dan juga senjata tajam (parang) dan barang berbahaya lainnya.

Pada rapat persiapan pelaksanaan pasola telah dilakukan rapat koordinasi terkait penggunaan parang. Sebagai simbol adat budaya sumba, parang selalu digunakan pada setiap pesta adat yang berlangsung. Namun guna menjamin keamanan pada Ritual Adat Pasola termasuk pada Tinju Adat “PAJURA” malam ini, yang diperbolehkan membawa parang hanyalah Para Rato yang memimpin Ritual Adat tersebut.

“Jadi baik penonton maupun peserta atraksi tidak diperbolehkan membawa senjata tajam atau barang berbahaya lainnya. Termasuk dalam hal ini minuman keras” ujar AKBP Agung.

Kapolres menjelaskan, pola pengamanan kita bagi menjadi dua yakni kita lakukan penyekatan dan pemeriksaan pada pintu masuk pantai teitena, dan pengamanan diarea pantai teitena yang merupakan tempat dilaksanakannya atraksi Tinju Adat Pajura.

Lakukan pemeriksaan secara humanis, laksanakan pengamanan dengan pola persuasif. Tentunya yang tak kalah penting, agar dalam pelaksanaan tugas pengamanan utamakan keselamatan diri masing-masing, mengingat kegiatan pengamanan ini dilakukan pada malam hari dengan penerangan yang sangat minim.

Baca Juga :   DANDIM 1629/SBD HIMBAU TETAP PATUH PADA PROKES

Apel sore ini dihadiri sejumlah PJU Polres Sumba Barat, Danramil 1613 – 02 Walakaka, Kapolsek Wanokaka serta 60 orang personel gabungan dari Polres Sumba Barat, Polsek Wanokaka, Koramil 1613-02 Walakaka serta Sat Pol PP Kabupaten Sumba Barat.

Menambahkan arahan Kapolres Sumba Barat, Kompol Anthonius Mengga Kabag Ops Polres Sumba Barat mengingatkan bahwa kita masih dalam suasana Pandemi COVID-19.

“Lakukan himbauan kepada penonton maupun pemain untuk tetap mentaati prokes yang ada selama Pajura berlangsung” tuturnya. *** (Liputan: Yunia/004-22),-