POLRES SBD GELAR BAKTI SOSIAL BERSAMA FORKOMPINDA SBD

Ketua PSMTI, Stepanus F. Umakalada menyerahkan sumbangan sembako pada Wakil Bupati Marthen Christian Taka disaksikan Kapolres SBD, AKPB Yoseph F.H. Mandagi, S.IK, Dandim 1629/SBD Letkol Kav. Sigit P. Utomo dan calon Dandim 1629/SBD Letkol Inf. Laode M. Sabarudin

Tambolaka-SJ…… Pada Selasa (21/4/20) Polres Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) gelar Bakti Sosial Polri untuk kemanusiaan di Posko penanganan Covid-19 SBD di lapangan Galatama. Tampak hadir dalam giat  Bakti Sosial ini Kapolres SBD, AKBP Yoseph F.H. Mandagi, S.IK, Wakil Bupati Marthen Christian Taka, S.IP, Dandim 1629/SBD, Letkol Kav. Sigit Priyo Utomo, calon Dandim 1629/SBD baru Letkol Inf. Laode Muhamad Sabarudin,  Danki Brimob Yon A SBD, Iptu Jony Marthin, Kabag Ops Polres SBD, AKP Marselinus Hale, Ketua PSMTI SBD, Stepanus F. Umakalada dan personil Polres Sumba Barat, personil Kodim 1629/SBD, personil Satbrimob Polda NTT Ki 4 Yon A SBD, Tim Satgas Covid-19 SBD dan masyarakat penerima bantuan sosial kemanusiaan.

Dalam kegiatan bakti sosial kemanusiaan tersebut Kapolres SBD memberikan bantuan sembako bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 500 paket yang disiapkan untuk 1 minggu pertama. Adapun isi dari paket sembako adalah beras, mie goreng, minyak, gula dan telur.

“Kita membantu masyarakat akibat dampak covid-19 sehingga menyebabkan pendapatan mereka berkurang. 1 minggu dua kali kita adakan bakti sosial ini yaitu hari Selasa dan Kamis” ungkap AKBP Yoseph Mandagi

Kegiatan bakti sosial ini sendiri serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia oleh Polri. Bakti sosial ini juga merupakan kerjasama Forkompinda dan kelompok-kelompok masyarakat yang peduli pada sesama.

Ketua Paguyuban Sosial Masyarakat Thionghoa Indonesia (PSMTI), Stepanus F. Umakalada yang juga turut ambil bagian dalam kegiatan bakti sosial bersama Polres SBD ini menjelaskan keterlibatan PSMTI untuk mendukung medis dan keluarga miskin.

Baca Juga :   PSBB DILANJUT, GMKI MINTA PEMERINTAH LAKUKAN INI

“Kita mendukung dengan menyiapkan sembako untuk petugas medis dan warga miskin dengan harapan agar tidak ada gejolak akibat dampak covid-19. Kami belum berpikir untuk sasaran lainnya” tuturnya.

Pantauan media setelah memberikan secara simbolis pada warga masyarakat yang hadir di lapangan Galatama Tambolaka SBD, Kapolres bersama jajarannya membagikan masker bagi pengendara kendaraan roda empat maupun roda dua yang lewat Galatama.

Setelah rombongan Polres SBD melanjutkan bakti sosialnya ke desa Kadu Eta Kecamatan Kodi Utara untuk melanjutkan kegiatan bakti sosialnya bersama Wakil Bupati SBD.

Dalam arahannya Wakil Bupati Marthen Christian Taka, S.IP menjelaskan bakti sosial ini dilakukan merupakan bentuk kepedulian Polres, Kodim dan PSMTI dalam menghadapi wabah corona yang sedang melanda saat ini.

Dalam kesempatan itu Chris Taka mengingatkan masyarakat agar patuh pada anjuran Pemerintah, Protokol Kesehatan dan TNI/Polri untuk mengantisipasi penyebaran wabah corona. Karena virus corona ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan, maka cara untuk tidak terjangkit virus corona adalah dengan patuh pada petunjuk-petunjuk yang sudah dianjurkan oleh Pemerintah.

“Yang menjadi obat adalah makan makanan yang cukup sehingga daya tahan tubuh kita menjadi kuat. Hidup bersih selalu, mencuci tangan dengan sabun, mentaati anjuran  untuk menjaga jarak, tidak berciuman dulu sebagaimana kebiasaan di Sumba. Bakti sosial ini sifatnya hanya untuk membantu, sekaligus sosialisasi upaya-upaya pencegahan virus corona” katanya. *****

Liputan: Octav Dapa Talu,-