Perjuangan dan Pengorbanan Nabi Ibrahim Semangat Idul Adha

Tambolaka-SJ.-PerayaanLebaran Haji atauHari Raya IdulAdha di masjid Al Falah Jl. PrancisKelurahanLanggaLeroKabupaten Sumba Barat Daya (SBD) berjalanlancardanpenuhhikmat. Ratusanjamaah yang mengikutishalat  daripukul 07.10 hingga 08.01 dengankushuktanpaadanyagangguanataukendala yang dilanjutkanpemotonganhewankurbanpadapukul 09.12 Wita

Pelaksanaan shalat Idul Adha di masjid Al-Falah
Pelaksanaan shalat Idul Adha di masjid Al-Falah

Imam Daeng Ahmad memimpinjalannyashalat dankhotibnya Mustafa Abdul Aziz Jamaludin.Jumlahhewankurban yang masukpadaperayaan kali ini7 ekorsapidan 53 kambing yang merupakansumbangandariparajamaah, pemda SBD dantokoh-tokoh agama.
Dalamkhotbahnya Mustafa Abdul Aziz Jamaludinmengingatkanpadajamaah yang hadirpenyimpangangan moral danakhlakmembinakeluargadanrumahtangga yang shakinahdenganmeneladaniperjuangandanpengorbanannabiIbrahim.
“suka atau tidak suka hidup di dunia pasti akan berakhir juga, semuanya adalah milik Allah dan semuanya akan kembali kepada Allah” katanya.
Lebih lanjut Mustafa menekankan arti daripada lebaran Idul Adha  yang diangkat dengan Tema Hakekat Perjuangan dan Pengorbanan Nabi Ibrahim.
DengansemangatIdulQurban, marikitaberjuangdanberkorbanmembangunbangsainidaripenyimpanganaqidah, penyimpangan moral danakhlak yang semakinkianparah, marikitamembinakeluargadanrumahtangga yang sakinah mawaddahdan warrahmahdenganmeneladani  perbuatandanpengorbanannabi Ibrahim ungkapnya

Khotib, Ustadz Mustafa Abdul Aziz Jamaludin
Wakilb, Ustadz Mustafa Abdul Aziz Jamaludin

Wakil Bupati SBD, Drs. Ndara Tanggu Kaha yang dihubungi media lewat telpon genggam  mengatakan turut berbahagia bersama umat Islam di SBD yang sedang merayakan hari Raya Idul Adha. 

“saya ucapkan selamat hari Raya Idul Adha kepada seluruh umat Islam di SBD, semoga makna dari pengorbanan nabi Ibrahim dapat menjadi contoh dan teladan buat kita, dan lewat Idul Adha ini lebih memperkuat tali persaudraan kita, baik sesame masayrakat SBD maupun antar umat Bergama” ungkapnya.
Lebih lanjut Ndara Tanggu berpesan agar kenaikan angka quota haji baru-baru di SBD agar terus ditingkatkan, karena ini menunjukan adanya peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di SBD. Wakil Bupati SBD ini juga mengapreasiasi kerukunan umat beragama di SBD yang tetap terjaga dengan baik karna pada dasarnya semua masyarakat SBD mempunyai hubungan kekeluargaan yang tidak bisa dipisahkan.
Pantauan media pengamanan  pelaksanaanLebaran Haji iniditanganiolehKodim 1613 Sumba Barat dalamhaliniKoramil 02 Laura denganmenurunkan6personildan 1 intelsertaadanyapeningkatanjumlahhewanQurbandaritahun-tahunsebelumnya. Kapten Suyono yang dihubungi media usai menunaikan sholatnya mengatakan pengamanan ini merupakan perintah pimpinan dimana TNI akan selalu siaga dalam menjalankan tugas pengamanannya.
“sehingga Jemaah yang merayakan Idul Adha saat ini khususnya di SBD bisa merasakan kenyamanan dalam ibadahnya, kita akan amankan trus sampai dengan pemotongan hewan kurban, secara umum situasi pelaksanaan lebaran haji di SBD dalam keadaan kondusif” tuturnya.
Lebih lanjut Suyono juga menghimbau lewat perayaan Idul Adha ini hubungan dan keakraban antar umat beragama dan seluruh masyarakat SBD semakin erat,  saling menghormati serta saling menghargai dan siap berkorban untuk keutuhan NKRI yang kita cintai ini.
Abu Sumbawa salahsatujamaahyang jugaadalahSekretaris PKS SBD mengatakanmaknaperayaanlebaranIdulAdhainiimanNabi Ibrahim yang diujiuntukmengorbankananaknya Ismail, iniakanmenjaditeladanbagikitaapakahkitamaumengurbankanhartakita, jabatanseperti yang sudahditunjukanolehnabi Ibrahim.
“jadi makna dari qurban itu bukan hanya dilihat dari hewan yang diberikan tetapi semuanya mulai hartanya, jabatan dan apa saja seperti yang sudah dicontohkan oleh nabi Ibrahim” ujarnya.
Hingga berita ini diturunkan pelaksanaan pemotongan hewan kurban sebanyak 7 ekor sapi dan 53 ekor kambing  sedang berjalan dan para jamaah saling bersalaman sebagai ungkapan kebahagiaan. (OC$),- 

Baca Juga :   CARA MUDAH DAFTAR BLT BBM 2022 via HP