Pemdes Wederok Salurkan BLT Gelombang Kedua Untuk 109 KK

Malaka-SJ…. Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) gelombang kedua, kembali dilakukan di kantor desa Wederok, kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Kamis (25/06/20). Ditengah kegiatan Penyaluran dana  BLT secara langsung terpantau oleh TNI, Polri, BPD dan Dinas PMD Kabupaten  Malaka.

Dipantau oleh media ini masyarakat penerima BLT sangat tertib  dalam merespon himbauan protokoler kesehatan dengan menjaga jarak dan selalu mengunakan masker untuk mengantisipasi dan mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kepada suarajarmas.com, kepala desa Wederok, Virgilius Tahu Nahak, S.Pd menyampaikan total keseluruhan penerima BLT hari ini berjumblah 109 KK  yang pemdes prioritaskan karena dianggap layak sebagai penerima bansos, jadi akumulasi total keseluruhan masyakat penerima BLT maupun BST sebanyak 139 KK.

“Ada penambahan 18 KK di desa Wederok yang tidak terdaftar sebagai penerima BLT maupun BST yang terdaftar sebagai penerima bansos yang akan disalurkan oleh Polres Malaka” tuturnya.

Kades Virgilius menjelaskan, sebagai pemerintah desa yang menjujung tinggi asas kemanusian, maka dalam melakukan pendataan penambahan terhadap 18 KK tersebut, Pemdes sunggu-sungguh merekomendasikan masyarakat sesuai 14 kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat terkecuali ASN, perangkat desa, Teda dan PKH yang tidak terdata sebagai penerima bansos.

“Terhadap Dinas Sosial diharapkan untuk pegawai-pegawainya harus bekerja maksimal karena sering terjadi pendobelan nama peserta penerima bansos, apakah nama-nama itu sudah ada sebelum hadirnya Covid-19, sehingga nama-nama yang kami rekomendasikan terjadi pendobelan ” ungkapnya.

Pihaknya berharap agar data-data yang belum valid terkait nama dan NIK, dari pihak Dinas Sosial melakukan konfirmasi  terhadap pemerintah tingakat desa untuk ditinjau ulang dan diperbaiki.

“Karena sekarang masyarakat  harus bersentuhan langsung dengan on-line, maka bukti kepedulian kami sebagai pemdes  Wederok adalah membantu mengurus KTP, Akta dan Kartu Keluarga bagi masyarakat yang belum memilikinya” tutupnya.*** (Viky),-

Baca Juga :   Babinsa Koramil 02/Kodi Dampingi Pembagian BLT di Desa Waitaru Kodi Utara