PEJABAT ADMINISTRATOR ESELON III DAN PEJABAT PENGAWAS ESELON IV DIAMBIL SUMPAHNYA

Waikabubak-SJ…….. Bupati Sumba Barat Yohanis Dade,SH menegaskan agar dalam melaksanakan seluruh tugas dan kewajiban, harus penuh dedikasi, senantiasa mengedepankan rasionalitas, proporsionalitas dan ketaatan pada aturan.

Hal tersebut diungkapkannya ketika memberikan sambutan dalam pengukuhan, Pelantikan dan pengambilan Sumpah/Janji Pejabat Administrator Esselon III-A dan Pejabat Pengawas Esselon IV lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat, Rabu (02/02/2022).

Selain itu, Bupati meminta untuk mengedepankan pula etika birokrasi, bersikap rendah hati serta santun dalam melayani kepentingan masyarakat, namun tetap tegas dalam melaksanakan peraturan.

“Kehadiran Saudara-saudari harus membawa perubahan bagi Perangkat Daerah dan Unit Kerja dan harus mampu menggerakkan staf di lingkungan masing-masing untuk berkontribusi bagi Perangkat daerah dan Unit Kerja. Dengan Kata lain, kehadiran Saudara-saudari harus mampu mengembangkan organisasi dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia aparatur di unit kerja masing-masing sehingga tugas pokok dan fungsi dapat berjalan sebagaimana mestinya”, ungkap Bupati Yohanis.

Bupati pada kesempatan itu juga mengingatkan bahwa semua ASN yang dilantik hari ini agar mempelajari dan bekerja sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat. Salah satu fokus pembangunan Tahun 2022 adalah Pembenahan Kota Waikabubak untuk mewujudkan salah satu program Prioritas Daerah yaitu Kota dan Desa “BERSERI” (Bersih, Sehat, Rapi dan Indah),

“Saya sampaikan kepada seluruh saudara-saudari yang dilantik hari ini agar mendukung program kegiatan tersebut dengan melakukan berbagai inovasi dilingkup kerja saudara ditempatkan,” tegasnya.

Bupati juga berharap untuk selalu menjaga suasana kondusif dilingkungan kerja, dan menegaskan kembali agar fokus bekerja, fokus pada tugas fungsi serta tanggung jawab.

“Janganlah menyibukkan diri untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, jangan suka terlibat dalam diskusi-diskusi yang tidak ada hubungan langsung dengan tugas dan tanggungjawab saudara-saudari. Pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, Oleh karena itu saudara harus bekerja lebih cepat, tepat  dan bukan hanya berjalan cepat namun harus “berlari Cepat”, manfaatkan segala potensi yang ada, untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat”, kata Bupati Yohanis.

Baca Juga :   Bupati Niga Janji Pecat Kades

Bupati Yohanis Dade selanjutnya kembali mengingatkan bahwa Jabatan adalah sebuah kepercayaan yang diberikan  dari Pimpinan melalui kajian-kajian maupun berbagai pertimbangan yang matang. Sehingga pesan Bupati kepada yang dilantik untuk terus bekerja dengan jujur dan harus mempunyai target kinerja yang jelas serta selalu berjalan dan memahami semua regulasi terkait tugas pekerjaan.

Jangan berpikir apa yang kita dapat dari sebuah jabatan tapi berpikirlah apa yang bisa saya berikan kepada daerah ini. Bekerjalah dengan sepenuh hati dan melayani dengan penuh tanggung jawab. Seorang pemimpin harus menjadi contoh bagi bawahannya. Saya kembali mengingatkan tentang kedisiplinan yang harus selalu ditegakkan. Kenapa daerah ini tidak maju, karena salah satunya  adalah karena ketidakdisplinan ASN.

“Akhirnya, mari kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu diberi kearifan, kejujuran sehingga mampu bekerja untuk kemajuan Sumba Barat yang kita cintai ini”, ujar Bupati Yohanis mengakhiri sambutannya. *** (Siaran Pers Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat).