PASOLA RARA WINYO SEMPAT DIGUYUR HUJAN

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete (putih tengah) didampingi Wakil Bupati Marthen Christian Taka, S.IP bersama ibu, Kapolres SBD, Kasdim 1629/SBD, Danramil 02-1629 SBD

Kodi-SJ……………………… Pasola Rara Winyo sempat diguyur hujan kurang lebih satu jam. Hujan yang sempat mengguyur Lapangan Pasola Rara Winyo Desa Wura Homba Kecamatan Kodi Kabupaten Sumba Barat Selasa (19-02-2020) hingga pukul 11.12 Wita tidak  menyurutkan peserta dari kedua belah pihak untuk menjalankan budaya perang tanding berkuda tersebut.

Walaupun rintik hujan, Rato Nyale   tetap melakukan ritual adat untuk dimulainya Pasola di lapangan Rara Winyo tersebut. Ribuan penonton baik dari mancanegara maupun lokal tetap dengan setia menyaksikan pelaksanaan Pasola tersebut.

Bupati SBD dr. Kornelius Kodi Mete,  Wakil Bupati SBD Marthen Christian Taka, S.IP dan ibu wakil bupati Ny. Octavina T. Samani tampak hadir dengan setia menyaksikan pelaksanaan Pasola Rara Winyo bersama beberapa pimpinan SKPD.

Turut hadir menyaksikan Pasola Rara Winyo tersebut Ketua DPRD Kab. Sumba Barat Daya Bpk Rudolf Radu Holo, S.IP, Kapolres SBD AKBP Josef FH Mandagi S.IK, Kasdim 1629/SBD Mayor CZI Sunoko, Danramil 1629-02 Kodi Kapten Inf. Tohir Iswan Putra, Kapolsek Jajaran Polres SBD, Pasi Inteldim Lettu Inf. Abdul Mukib, Camat Kodi Dominggus Dedy Kaka, A.Md, Danki Brimob Iptu Arnold T. Sera, para Tokoh Adat dan tokoh masyarakat Kodi. Para penonton dan termasuk tamu dari manca negara kurang lebih 5000 orang.

Seperti diketahui Pasola yang merupakan salah satu kegiatan adat yang dilakukan oleh orang Sumba yang menganut aliran kepercayaan MARAPU dengan menggunakan lembing kayu yang berukuran 1,5 cm, dipakai untuk saling melempar dari atas kuda yang sedang dipacu kencang oleh dua kelompok yang berlawanan.  Tradisi adat Pasola ini dilaksanakan satu kali dalam setahun.

Baca Juga :   Memastikan Pelaksanaan Diskusi Publik DOB SSR, Panitia Gelar Rapat Terbatas di SBD

Pada pukul 14.00 wita pelaksanaan kegiatan pasola dilapangan Rara Winyo selesai. Dan pada pukul 16.00 wita para penunggang kuda Pasola melakukan adat pembuangan lembing bertanda bahwa kegiatan Pasola di Rara Winyo ini telah selesai.

Dipantau oleh media ini pelaksanaan Pasola Rara Winyo ini berjalan dengan aman dan lancar berkat pengamanan yang dilakukan oleh Kodim 1629/SBD, Polres SBD beserta jajaran, Kompi D Brimob SBD dan Satpol Pp Kab. SBD.

Liputan: Octav Dapa Talu,-