Panitia Tunda Perhitungan Suara Hasil Pilkades Desa Mareda Kalada

Wewewa-SJ……… Pelaksanaan Pilkades Serentak dan Antar Waktu di Desa Mareda Kalada Kecamatan Wewewa Timur Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) yang berlangsung pada pada 30 Juni 2021,  perhitungan suara ditunda oleh Panitia dan akan dilaksanakan sampai besok hari tanggal 1 Juli 2021 jam 08.00 wita.

Inisiatif Panitia yang ingin melanjutkan perhitungan suara di kantor Polsek Wewewa Timur dengan alasan menjaga kondusifitas keamanan karena waktu yang sudah malam, mendapat penolakan dari masyarakat, sehingga menimbulkan sedikit suasana perdebatan namun tetap terkendali.

Salah satu perwakilan masyarakat Daud Kamuri Umbu Pati yang juga adalah mantan Kepala Desa Mareda Kalada, mewakili masyarakat menyampaikan keberatan terhadap inisiatif panitia, karena menurutnya tidak ada persoalan yang terjadi, sehingga akan menimbulkan kekecewaan masyarakat, serta memberikan usulan untuk perhitungan di lakukan esok harinya.

“Kami sangat berharap perhitungan tetap dilalukan disini, sehingga tidak menimbulkan kesan yang tidak baik bagi desa, karena yang kami lihat tidak ada persoalan yang terjadi, kalau alasan waktu sudah malam, kami usul untuk ditunda perhitunganya sampai besok saja” tuturnya yang akrab disapa Bapak Prili.

Setelah melakukan koordinasi antara Panitia, Calon Kepala Desa, Saksi, Perwakilan Masyarakat, Camat dan Pihak Keamanan dalam hal ini Polri, disepakti untuk pelaksanaan Pilkades ditunda, dan akan di laksanakan besok hari jam 8 pagi, dan Ketua Panitia memberikan himbauan kepada masyarakat tetap bersama-sama menjaga keamanan.

“Mengingat waktu yang sudah malam, kami menyampaikan kepada semua masyarakat untuk menghargai keputusan panitia dan bisa sepakat bersama untuk perhitungan suara di lanjutkan besok. Kami juga berharap agar malam ini kita sama-sama menjaga keamanan dan berjanji bersama dengan pihak keamanan akan menjaga Kotak Suara ini dengan aman sampai besok” ungkap Ketua Panitia Pilkades Wara Mone kepada masyarakat.

Baca Juga :   Masyarakat Berhasil Rebut Kembali Pantai Hairuaka

Adapun untuk menjaga keamanan Kotak Suara yang ada di kantor desa dijaga langsung oleh para panitia, saksi dari masing-masing Cakades, serta pihak keamanan yaitu Bripda Ervin A.Putra dari Polres SBD, Kanit Propos Polsek Wetim Elki Nafi, dan 2 orang Pol PP Kabupaten SBD serta masyarakat yang ada di luar area Kantor Desa.

Dari pantauan media ini, situasi masih berjalan aman dan lancar pelaksanaan Pilkades dari pencoblosan sampai pada selesainya pencoblosan, dengan animo masyarakat yang begitu tinggi untuk mengikuti pemilihan. *** (Ishak/011-21),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.