MASYARAKAT 3 DESA DORONG CHRIS TAKA MAJU DALAM PILKADA SBD

Suarajarmas.com – Sekelompok masyarakat dari Desa Mata Wekaroro, Desa Wee Rame dan Desa Wee Kokora berkumpul di Kampung Gollu Kapabala Wewewa Tengah, Senin (8/4/2024) untuk menyatakan sikap mendorong penuh Wakil Bupati Sumba Barat Daya (SBD) Marthen Christian Taka, S.IP., maju dalam perhelatan Pilkada SBD sebagai calon bupati periode 2024-2029.

Pernyataan sikap ini didasari bahwa Chris Taka sapaan akrab Wabup SBD ini yang juga adalah ketua Dewan Pembina Partai Golkar, telah mempunyai partai pengusung dengan perolehan kursi Partai Golkar SBD sebanyak 5 kursi.

Thomas Louro warga desa Wee Rame menyatakan, Partai Golkar merupakan salah satu partai pemenang di SBD yang memperoleh 5 kursi, ini merupakan angka dasar bagi Chris Taka untuk dapat maju dalam Pilkada November 2024 mendatang.

“Kami yakin Partai Golkar akan mengusung kadernya sendiri dalam PIlkada tersebut, apalagi Chris Taka mempunyai peran penting dalam mendukung perolehan kursi DPR RI dari Dapil NTT II, sehingga Golkar memperoleh 2 kursi RI” tuturnya.

Selain itu, Chris Taka adalah Wakil Bupati SBD saat ini, yang pastinya sudah banyak mengetahui situasi dan kondisi SBD dan tahu apa yang harus dilakukan untuk membawa SBD yang lebih baik ke depannya.

Sedangkan Bili Umbu Robaka dari desa Mata Weekaroro menegaskan, figur Chris Taka adalah figur yang tepat untuk membangun SBD yang lebih baik. Chris Taka mampu menjaga hubungan dengan Bupati SBD saat ini dr. Kornelius Kodi Mete dalam pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati periode 2019-2024.

“Ini merupakan bukti bahwa Chris Taka adalah figur yang loyal pada Bupati demi membangun daerah, Chris Taka mampu menjalin dan menjaga hubungan baik dengan Bupati dan masyarakat SBD. Beliau adalah pemimpin yang bekerja dengan hati yang tulus” ungkapnya.

Baca Juga :   MANUNGGAL AIR, PROGRAM ANDALAN TNI AD

Lebih lanjut Bili Umbu Robaka menjelaskan, Chris Taka dengan masyarakat, peduli pada SBD dan mempunyai mimpi untuk membawa SBD menuju tanah loda wee maringi pada wee malala. Chris Taka adalah seorang pekerja keras yang dekat dengan masyarakat petani di SBD.

Hal senada juga disampaikan oleh Daud L Taka dari desa Wee Kokora, Chris Taka merupakan figure yang tepat untuk menjadi Bupati SBD ke depan, karena mempunyai segudang pengalaman dalam bidang birokrasi dan sosial kemasyarakatan.

“SBD butuh pemimpin yang paham birokrasi dan dekat dengan masyarakat. Apalagi ada banyak kendala yang dihadapi oleh SBD beberapa tahun terakhir mulai dari virus corona, stunting, hama belalang dan virus ASF sehingga pembangunan SBD menjadi tersendat” katanya.

Chris Taka diketahui sangat paham dengan situasi yang dihadapi SBD saat ini dan mengetahui kemampuan APBD II, sehingga dengan pengalaman sebagai Wakil Bupati akan menentukan langkah-langkah yang efektif dan efisien untuk membawa SBD yang lebih baik.

“Keluarga berkumpul saat ini merupakan inisitaif mereka sendiri, padahal pak Wakil baru pulang dari Jakarta untuk tugas partai, tetapi kami memaksanya untuk hadir mendengarkan kesepakatan kami, setelah ini kami akan berkumpul lebih banyak lagi khususnya warga masyarakat Wewewa Tengah dan Wewewa Timur untuk menyatukan sikap mendorong Chris Taka maju sebagai calon Bupati SBD, masalah pasangannya kami serahkan sepenuhnya kepada beliau” ujar anggota DPRD Kabupaten terpilih dari Dapil II SBD ini.

Sementara itu Chris Taka yang dihubungi secara terpisah, mengatakan pernyataan keluarga perwakilan 3 desa ini tidak bisa ditolaknya, karena kecintaannya pada wilayah ini dan juga mempunyai mimpi untuk membangun SBD yang lebih baik.

“Gayung bersambut dengan adanya dukungan dari masyarakat 3 desa ini, apalagi Partai Golkar juga mendorong saya untuk maju dalam Pilkada ke depan. Jika masyarakat menghendaki saya siap maju dalam pesta Pilkada nanti dan berjanji akan membawa SBD yang lebih baik jika terpilih” ungkapnya.

Baca Juga :   SMPN KADELU KUTURA RESMI BERDIRI

Selain sudah mempunyai Partai Golkar sebagai bakal partai pengusung, dirinya juga akan menjalin komunikasi dengan partai lain untuk memastikan partai pengusung menuju Pilkada November mendatang.

“Saya sudah menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik diantaranya PDIP, Demokrat, Hanura dan lain-lain. Untuk pasangan wakil, kita masih menunggu saran masukan dari partai dan masyarakat tentunya. Langkah awalnya adalah kita menangkan survey dulu yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat nanti.” ujarnya sambil berlalu.

Untuk diketahui puluhan warga masyarakat yang hadir dari 3 desa tersebut menyatakan sikap mendukung penuh dan akan membangun jaringan laba-laba untuk memastikan dukungan penuh bagi Chris Taka.

Turut hadir juga beberapa warga masyarakat dari Desa Mene Ate Wewewa Barat dan beberapa tokoh dari Wewewa Selatan. Disepakati bersama dalam waktu dekat akan dilanjutkan dengan pertemuan warga dari 2 atau 3 kecamatan di SBD untuk menyatakan sikap mendukung penuh Chris Taka sebagai calon Bupati SBD. *** (Emil Buga/2024).-