LEMBAGA PENDIDIKAN SURYAKASIH TINGKATKAN KUALITAS GURU PAUD SBD

Tambolaka-SJ……….. Dalam rangka pelaksanaan Program Organisasi Penggerak di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) pada tahap ke-2, Yayasan Lembaga Pendidikan PAUD SuryaKasih menyelenggarakan kelanjutan Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Kepala Sekolah dan Guru PAUD “Strategi dan Inovasi Pembelajaran Berbasis STEAM dalam Layanan PAUD “Strategi dan Inovasi Pembelajaran Berbasis STEAM dalam Layanan PAUD Holisitk Integratif kepada 165 Kepala Sekolah dan guru PAUD se-Kabupaten SBD, di aula hotel Sumba Sejahtera, Kamis (2/6/2022).

Kegiatan Pelatihan dibuka oleh Bupati SBD, dr.Konelius Kodi Mete disaksikan oleh Bunda PAUD HI SBD, Ny. Margaretha Tatik Wuryaningsih, Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SBD, Juan Padeda, Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan, Tulus Siahaan, para narasumber, dan 156 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru-guru PAUD.

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete (kiri) saat memberikan sambutannya

Dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan pelatihan, Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete menyampaikan terima kasih kepada lembaga pendidikan Surya kasih yang telah memfasilitasi dan memberikan pelatihan peningkatan kapasitas bagi kepala sekolah dan guru PAUD strategi dan inovasi pembelajaran berbasis STEAM dalam layanan PAUD holistik integratif.

“Saya yakin dan percaya dengan adanya pelatihan ini kepala sekolah dan pendidik PAUD memiliki profesional dalam melaksanakan tugasnya dalam dunia pendidikan PAUD” ungkapnya.

Dirinya juga menyambut baik dan mendukung kegiatan pelatihan yang diinisiasi oleh Yayasan Lembaga Pendidikan SuryaKasih sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi bagi tenaga pendidik PAUD sehingga dapat mengembangkan metode pembelajaran yang tepat dan kreatif serta inovatif dalam mendidik anak-anak PAUD.

Bupati Kodi Mete juga menyambut baik metode pembelajaran yang dikembangkan dalam pelatihan ini adalah metode STEAM yang cukup populer dan penting untuk diterapkan.

Baca Juga :   BEKERJASAMA DENGAN PROGRAM INOVASI NTT, PEMDA SBD GELAR RAPAT FPPS

“Dari lima metode tersebut, saya yakin akan membantu para kepala sekolah dan guru PAUD untuk mengembangkan kemampuan dalam penerapan kegiatan sehari-hari sehingga anak-anak PAUD memiliki daya saing cerdas ceria dan berakhlak mulia yang pada akhirnya melahirkan generasi emas SBD di tahun-tahun mendatang” tuturnya.

Dirinya juga berpesan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh karena pelatihan ini sangat penting dalam peningkatan kompetensi guru PAUD dalam mendidik anak-anak PAUD.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemerhati pendidikan khususnya Yayasan Lembaga Pendidikan SuryaKasih atas partisipasi kontribusi dan dukungannya terhadap kebijakan strategis daerah program 7 jembatan emas melalui terobosan-terobosan di bidang pendidikan yang telah berkolaboratif dengan program Desa cerdas sehingga diharapkan dengan keterlibatan semua pihak akan berdampak pada peningkatan kualitas sdm di Kabupaten SBD” jelasnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan SuryaKasih, Tulus Siahaan yang ditemui media ini di sela-sela kegiatan pelatihan mengatakan, pelatihan diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas SDM guru-guru PAUD di SBD dengan memakai metode Science, Tecnology, Engineering, Mathematics (STEAM) yang merupakan pendekatan anak usia dini sesuai dengan 4.0. `

“Yang namanya holistik integratif (HI) itu,  pola pendidikan untuk anak usia dini harus holistik secara keseluruhan jadi tidak bisa jalan sendiri-sendiri. Pendekatan ini menekankan pada sains, ada teknologi tapi dengan cara yang sangat sederhana sesuai dengan usia mereka agar kelak mereka siap menjadi apa saja dalam berbagai macam bidang” ungkapnya.

Lebih lanjut Tulus Siahaan menjelaskan metode engineering ini ada sentuhan seni, metode yang diharapkan dapat membantu untuk memecahkan sebuah masalah dari yang  terkecil terlebih dahulu. Daj juga ada sentuhan seni, metode yang dilakukan untuk melatih anak-anak dalam bereksperimen dengan imajinasi yang mereka miliki.

Baca Juga :   Wartawan Suara Jarmas Raih Gelar Sarjana Di STKIP Weetebula

“Mudah-mudahan dengan adanya 156 peserta yang ikut tahun ini, kita bisa meningkatkan,  mengupgrade  kualitas dari para tenaga pengajar PAUD yang ada di Kabupaten SBD” katanya.

Dalam kesempatan itu Tulus Siahaan juga berterima kasih berterima kasih atas dukungan dari Bupati SBD dan Bunda PAUD SBD yang berkenan hadir dalam kegiatan ini.

“Bunda Margaretha memberi  respon yang sangat luar biasa sekali pada Lembaga Pendidikan Surya Kasih, sebagai bunda PAUD beliau menyadari bahwa di SBD guru-guru PAUD masih kekurangan dalam bidang SDM. Jadi dengan kehadiran lembaga pendidikan SuryaKasih diharapkan bisa memberikan satu kekuatan baru untuk guru-guru lebih percaya diri,  mereka mengerti mengenai kurikulum dan pendekatan pelajaran belajar mengajar yang sesuai dengan perkembangan zaman” jelasnya.

Dipantau oleh media ini, kegiatan pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Kepala Sekolah dan Guru PAUD yang diikuti oleh 156 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru PAUD dibagi menjadi 2 kelas. Kegiatan pelatihan diselenggarakan dari tanggal 2 sampai dengan 4 Juni 2022.

Peserta pelatihan terlihat sangat serius dalam menerima materi-materi yang diberikan pada narasumber dan kegiatan pelatihan. Diharapkan usai mendapat penguatana kapasitas dari Lembaga Pendidikan Surya Kasih, para guru-guru PAUD tersebut dapat mewujudkan apa yang menjadi misi Pemda SDB untuk mewujudkan Desa Cerdas. *** (Octa/002-22).-