KPU Goes To Campus

Ketua KPU SBD, Mikhael Bulu, SH saat memberikan cindera mata pada ketua STIMIKOM Drs. Alexander Adis, MM

Tambolaka – SJ……………….Dalam rangka menyambut pemilihan umum (Pemilu) serentak pada tahun  2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) mengadakan kegiatan “KPU Goes to Campus” di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIKOM) Stella Maris Sumba, Jum’at (14/12/2018). Kegiatan ini untuk memberikan sosialisasi mengenai Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legeslatif (Pileg) yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 17 April 2019 mendatang.  

Acara sosialisasi ini dibuka oleh  Ketua STIMIKOM Stella Maris Sumba Drs. Alexander Adis, MM dan hadir sebagai narasumber  Ketua KPU SBD Mikhael Bulu, SH, Komisioner Devisi Program Data Eni Pangastuti, Komisioner Devisi Teknis Waramone, Staff Devisi Teknis Yohanes SP. Kilok dan diikuti sekitar 300 mahasiswa/mahasiswi STIMIKOM Stella Maris Sumba.

Ketua Stimikom Drs. Alexander Adis, MM, saat memberi sambutan

Ketua Stimikom Drs. Alexander Adis, MM dalam sambutanya mengucapkan banyak terima kasih kepada KPU SBD yang telah memberikan pelajaran demokrasi kepada para mahasiswa/mahasiswi guna menjadi bekal pengetahuan di masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada lembaga KPU SBD karena telah mensosialisasikan proses pemilihan umum bagi anak-anak kami. Sebetulnya kegiatan seperti ini sangat dirindukan karena. Mahasiswa merupakan salah satu komponen masyarakat yang mewakili masyarakat ilmiah sehingga cara pandang, cara berpikir dan cara mengambil keputusan pasti jelas berbeda dengan masyarakat biasa. Untuk itu kegiatan KPU ini adalah ajang pendekatan dengan mahasiswa/mahasiswi Stimikom  untuk melakukan pencerahan agar kita lebih memahami tugas kita sebagai mahasiswa yang merupakan unsur-unsur  perguruaran tinggi untuk masuk dalam masyarakat dan mampu memberikan  pemahaman yang baik kepada masyarakat nantinya” ucapnya.

Baca Juga :   Pariwisata Merupakan Kekayaan NTT

Selain itu Ketua Stimikom juga berharap dengan diadakanya kegiatan seperti ini dapat memberikan informasi segar di luar dari pengetahuan yang di dapat di kampus serta dapat memotivasi mahasiswa/mahasiswi untuk membuktikan diri  sebagai warga negara yang baik maka harus memiliki tanggung jawab politik, yaitu salah satunya ialah ikut menyukseskan pemilu yang akan datang.

“Semoga dengan diadakanya acara ini nantinya dapat memberikan manfaat tidak hanya kepada kedua belah pihak tetapi juga kepada masyarakat luas dan saya juga berharap setelah acara ini para mahasiswa/mahasiswi akan menyampaikan apa  yang didapat  hari ini kepada kawan-kawan lainya. Selain itu kita juga harus menggunakan hak pilih kita dengan benar jika disuruh milih maka harus datang memilih, mari kita tunjukkan bahwa kita mahasiswa yang mampu memberikan contoh yang baik yaitu dengan melaksanakan tanggung jawab politik”  ujar Ketua Stimikom memotivasi para peserta.

Sementara itu Ketua KPU SBD Mikhael Bulu, SH dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan goes to campus yang diselenggarakan oleh KPU ini dengan maksud KPU ingin berbagi informasi kepada generasi muda. Selain itu sosialisasi ini juga bertolak dari sebuah evaluasi internal KPU dari pelaksanaan Pilkada kemarin.

“Kami ingin berbagi informasi kepada  adik-adik mahasiswa terlebih tentang bagaimana memberikan pemahaman politik yang baik. Ini juga bertolak dari evaluasi kita terhadap pilkada kemarin, karena angka daerah pemilihan yang ditetapkan nasional itu  77,5% namun pada kabupaten SBD dalam pilkada kemarin angka itu belum tercapai. Yaitu dari 213.725 pemilih yang terdaftar dalam DPT pada pilkada kemarin, hanya sekitar 140.000-an yang datang menggunakan hak pilihnya di TPS. Dari pengalaman tersebut kami hadir ditengah adik mahasiswamahasiswi harapanya adalah adik-adik akan menjadi corong dan penyambung lidah untuk memberikan pemahaman kepada orang tua, saudara dan masyarakat karena mahasiswa sejatinya adalah agen perubahan” ungkapnya.

Baca Juga :   GUBERNUR NTT MINTA BUPATI DAN WAKIL BUPATI TERLANTIK BEKERJA KERAS

Lebih lanjut Mikhael menambahkan bahwa kegiatan ini guna membangun kedekatan antara KPU dan Perguruan Tinggi yang ada di SBD karena peran perguruan tinggi dinilai cukup memberikan dampak positif untuk memberikan pemahaman politik yang baik kepada masyarakat.

“Kegiatan ini juga menjadi ajang silahturahmi antara KPU dan perguruan tinggi yang ada di kabupaten ini karena nantinya akan ada kegiatan-kegiatan lanjutan yang akan dilaksanakan bersama. Kami sangat menyadari bahwa KPU sangat butuh pemikiran-pemikiran yang kritis dari adik-adik mahasiswa, dan kami butuh masukan dari mahasiswa karena kami tidak bisa menjalankan sendirian tanpa dukungan dari semua elemen masyarakat, untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan demi terciptanya demokrasi yang aman, tertib dan damai” ujarnya lebih lanjut.

Pantauan media, pada acara tersebut selain sosialisasi juga diadakan diskusi publik dengan para peserta dan juga ada pembagian doorprize bagi penanya dan bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari KPU. (JNL),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.