KORPS BRIMOB KOMPI 4 BATALYON A PELOPOR SBD LAKUKAN DESINFEKSI COVID 19

Danki Brimob Kompi A Batalyon Pelor 4 SBD, Iptu Jony Marthin (tengah) didampingi Kadis Kesehatan SBD, drg. Yulianus Kaleka (kiri) dan Bripka Marthen Kaka instruktur Disenfeksi Covid 19

Tambolaka-SJ……. Dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus corona/covid 19 yang sedang melanda dunia saat ini, Korps Brimob Kompi 4 Batalyon A Pelopor SBD lakukan penyemprotan vaksin anti septik (desinfeksi) di Markas Komando (Mako) Brimob desa Pogo Tena Kecamatan Loura Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Senin (23/3/20).

Peracikan dan penyemprotan anti virus Corona ini disaksikan oleh Danki Brimob Iptu Jhoni Martin, Kadis Kesehatan SBD, drg. Yulianus Kaleka, personil Brimbo Kompi 4 Batalyon A Pelopor SBD dan petugas kesehatan serta awak media.

Danki Brimob Iptu Joni Marthin yang dihubungi media di sela-sela kegiatan penyemprotan anti septik virus corona merupakan upaya Polri dalam hal ini Brimob untuk melakukan penyemprotan di masing-masing Mako dulu. Jika sudah safety baru dilakukan keluar.

“Ini sesuai dengan petunjuk dan perintah dari Komandan Brimob untuk lakukan penyemprotan di masing-masing Mako dulu. Masyarakat SBD jika membutuhkan bantuan kami untuk melakukan penyemprotan, kami siap, kami juga siap untuk membackup Dinas Kesehatan di SBD” ungkapnya.

Lebih lanjut Iptu Jony menyampaikan keterbatasan yang ada saat ini adalah bahan baku bari ramuan resistan yang harus dicampur sebelum disemprotkan. Dirinya berharap agar Dinas Kesehatan  bisa membantu, sehingga Brimob juga bisa membantu melakukan upaya-upaya preventif pencegahan wabah virus corono di masyarakat.

Iptu Jony juga menjelaskan bahwa selama ini Brimob sudah mempunyai unit Kimia, Biologis dan Radioaktif (KBR), sehingga melalui unit KBR yang sudah mempunyai ahli-ahli dibidangnya ini pihaknya juga bisa melakukan upaya-upaya pencegahan virus corona yang sedang mengancam dunia saat ini.

Baca Juga :   SBD KEMBALI MASUK ZONA MERAH COVID-19

Saat perdana ini Brimob melakukan penyemprotan di Mako Brimob SBD, yang akan dilanjutkan keesokan harinya di Mako Brimob  Sumba Barat dan Sumba Tengah. Dan direncanakan akan dilanjutkan dengan melakukan penyemprotan di tempat-tempat umum seperti sekolah, gereja dan tempat umum lainnya untuk membantu masyarakat dalam pencegahan menyebarnya virus corona di SBD khususnya NTT pada umumnya.

Danki Brimob ini juga berharap agar masyarakat bisa menjaga kesehatannya sendiri dengan meracik sendiri bahan-bahan resistan Corona tersebut. Dirinya juga menghimbau agar masyarakat tetap tenang, tidak panik dan harus patuh pada anjuran-anjuran Pemerintah untuk tidak berkumpul di tempat-tempat umum/keramaian dan selalu melakukan pemeriksaan kesehatan jika merasakan adanya gejala-gejala yang mengarah pada Corona.

Kepala Dinas Kesehatan drg. Yulianus Kaleka yang turut hadir bersama staf di Mako Brimob Kompi 4 Batalyon A Pelopor SBD memberi apresiasi atas langkah cepat yang dilakukan oleh Brimob SBD. Dirinya mengucapkan terima kasih atas gerak cepat yang diambil oleh Polri dalam hal ini Brimob dalam upaya pencegahan dan pemberantasan virus Corona yang mulai masuk ke Indonesia.

“Trima kasih pada Mako Brimob SBD yang sudah mendahului melakukan upaya-upaya pencegahan, dan ini sesuai dengan harapan kami dari seluruh lintas terkait memberikan dukungan untuk menanggulangi bersama covid 19” ujarnya.

Yulianus menjelaskan Dinkes sejak awal sudah memperhatikan resistansi ditempat-tempat umum seperti sekolah, gereja, bandara dan tempat umum lainnya. Dirinya juga mengakui adanya keterbatasan untuk bahan-bahan resistan.  

Dinas Kesehatan juga sedang berusaha untuk memulai melakukan penyemprotan, walaupun masih adanya kendala yang dihadapi terkait kekurangan  bahan-bahan disinfektan. Dirinya berharap juga agar pihak-pihak lain seperti Koperasi atau dunia usaha untuk menyediakan secara mandiri bahan-bahan  disinfektan tersebut.

Baca Juga :   Kapolres Malaka Albertus Neno Turun Langsung Lapangan Bagi Masker

“Jika bahan-bahan tersebut sudah ada, bagaiman proses mencampurnya dan penyemprotan pihaknya akan melakukan bimbingan dan penyuluhan di masyarakat. Yang paling penting bagaimana kita segera melakukan upaya pencegahan karena SBD merupakan pintu masuk bagi Pulau Sumba dengan adanya Bandar udara dan pelabuhan. Trima kasih banyak karena Mako Brimob SBD sudah melakukan hal yang cepat” tutur Yulianus Kaleka.

Proses desinfkesi ini akan dilakukan secara berkala, secara terus menerus tidak hanya sekali saja, sehingga Dinkes akan selalu berkoordinasi denga Satgas yang sudah disepakati bersama beberapa waktu lalu. Melalui gudang Farmasi yang ada di Dinas Kesehatan akan selalu siap mendukung dan menyokong pihak-pihak yang akan membantu melakukan penyemprotan pencegahan covid 19.  

Kadis Kesehatan SBD ini juga menjelaskan Pemda SBD sudah membentuk tim Satgas yang didanai dalam rangka antisapasi Covid 19, salah satunya adalah bagaimana menyediakan disinfektan dalam jumlah yang cukup.

Lebih lanjut Yulianus Kaleka juga menghimbau masyarakat agar tetap tenang, tidak panic karena kepanikan itu bisa membuat suasana semakin hingar bingar, padahal Pemerintah sedang berusaha untuk menjamin kenyamanan masyarakat SBD.

Langkah  kedua adalah bagaimana kita memulai menjaga kehidupan bersih dan sehat. Kebersihan dalam hal ini bagaimana kita membiasakan mencuci tangan, kebersihan pakaian, kebersihan diri, kita akan berupaya agar di tempat-tempat umum disediakan tempat untuk selalu mencuci tangan.

Lagkah yang ketiga adalah apabila ada masyarakat yang diketahui berasal dari daerah luar Sumba dengan ciri-ciri demam, batuk dan menuju kearah sesak napas,  segera dilaporkan, tetapi harus diingat jangan menjadi sebuah informasi yang menyebabkan sesuatu yang tidak pasti menjadi meresahkan, segera dilaporkan ke petugas kesehatan karena seluruh Puskesmas bersama tim selalu siap” tutupnya.

Baca Juga :   SALURKAN TABUNG OKSIGEN, BHAKTI KADIN UNTUK SBD

Dipantau oleh media ini pelaksanaan penyemprotan guna desinfeksi Covid 19 ini dipandu oleh Bripka Marten Kaka yang sudah mendapat pendidikan dan pelatihan khusus dari tenaga ahli KBR Brimob Provinsi NTT. *****

Liputan: Octa Dapa Talu,-