Kodim 1629/SBD Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Alam

Suara Jarmas………. Dalam upaya mengantisipasi adanya bencana alam yang sewaktu-waktu datang mengancam kehidupan masyarakat SBD, Kodim 1629/SBD menggelar rapat koordinasi bersama pihak-pihak terkait untuk membangun komitmen bersama dalam memberikan pelayanan serta upaya-upaya penanggulangan bencana alam di Makodim 1629/SBD Desa Watu Kawula Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, Senin (9/1/23).

Hadir dalam kegiatan Rakor tersebut, Kabag Ops Polres SBD, AKP Marselinus Hale, Kepala BPBD, Drs. Agustinus Pandak, Plt. Kasat Pol PP, Umbu Remu Samapaty, dan perwakilan pimpinan-pimpinan OPD lainnya.

Dalam arahannya Dandim 1629/SBD, Letkol Czi, Novi Kurniawan, ST., mengatakan pertemuan ini merupakan suatu upaya untuk menyatukan persepsi dalam upaya menghadapi bencana yang kapan saja bisa datang menyerang manusia.

“Akhir-akhir ini iklim sedang berubah dan ada kecenderungan adanya potensi cuaca ekstrim yang mengancam Indonesia secara umum dan SBD secara khusus” ungkap Dandim.

Dandim 1629/SBD berharap dengan adanya Rapat Koordinasi ini adanya kesamaan persepsi dan kesiap siagaan bersama untuk melakukan pengawasan dan antisipasi serta penanganan bersama apabila terjadi bencana.

Dandim 1629/SBD menegaskan untuk menghadapi masalah bencana merupakan operasi kemanusiaan yang harus ditangani tanpa harus menunggu adanya anggaran.

Pantauan media dalam rakor tersebut adanya pemaparan penanggulangan bencana alam oleh Pasi Intel Kodim 1629/SBD, Lettu Yohanes Herard Keny, Kabag Ops Polres SBD, AKP Marselinus Hale, dan tanggapan dari peserta dari OPD-OPD lainnya untuk menyampaikan kesiapannnya.

Para peserta yang hadir memberi apresiasi pada Kodim 1629/SBD yang sudah menginisiasi rapat koordinasi ini, sehingga dapat di bangun kerja sama yang baik untuk menghadapi bencana alam ke depannya.

Hingga berita ini diturunkan, rapat koordinasi masih berlanjut, dan semua peserta aktif memberikan saran masukan, dan diharapkan dalam waktu dekat Bupati SBD segara mengeluarkan Instruksi Bupati Penanggulangan Bencana, apalagi SBD saat ini sedang menghadapi situasi cuaca ekstrim. *** (Octa/002-23). –

Baca Juga :   Melki Laka Lena Apresiasi Kolaborasi Program Kartu Prakerja dengan Pemerintah Daerah