Kembali JF Course Gelar English Show di Desa Radamata

Tambolaka-SJ…….. JF Course lembaga yang bergerak dalam bidang kursus bahasa Inggris di SBD kembali menggelar English Show (pentas berbahasa Inggris) oleh murid-muridnya yang telah mengikuti kursus bahasa Inggris selama 1 tahun.

JF Course kali ini bekerja sama dengan pemerintah desa Radamata untuk memberikan kursus Bahasa Inggris bagi 30 orang putra-putri desa Radamata  dengan dukungan dana desa.

English Show dengan tema Taklukan Dunia dengan Menguasai Bahasa Inggris ini digelar di kantor desa Radamata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba  Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur Jumat (28-10-2022) yang dibuka dengan resmi oleh Asisten 1 Sekda, Christofel Horo, SH.

Hadir dalam English Show JF Course, Anggota DPR RI Komisi IX asal Partai Nasdem, Ratu Ngadu Bonu Wulla, ST., Kepala Desa Radamata, Paulus Natara, Lurah Weetabula, Margaretha Ina Paila, Kabid PIP Dinas Kominfo SBD, Maria Holo, Kasat Binmas Polres SBD, Babinsa Kecamatan Kota, para orang tua murid, staf dan pengajar JF Course serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Desa Radamata, Paulus Antara mengatakan terselenggaranya kursus Bahasa Inggris ini merupakan kerja sama pemerintah desa dengan JF Course dengan jumlah siswa 30 orang yang diambil dari keluarga kurang mampu.

“Kami menganggarkan dana desa untuk memberikan kursus Bahasa Inggris bagi anak-anak desa Radamata dari keluarga kurang mampu. Kita melakukan seleksi untuk mendapatkan 30 anak saat ini dengan menggunakan dana desa tahun 2021 sebesar 100 juta Rupiah” ungkapnya.

Paulus menjelaskan kedepan akan terus diupayakan agar adanya siswa-siswi selanjutnya yang diambil untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris demi meningkat kankualitas SDM di desa Radamata.

Dirinya juga berharap agar anak-anak yang mengikuti kursus Bahasa Inggris saat ini dapat memperoleh pengetahuan dan kemampuan berhasa Inggris yang baik, sehingga berguna bagi bangsa dan negara, berbakti pada orang tua dan agamanya” jelasnya.

Baca Juga :   Pelatihan Jurnalistik Perdana Tingkat SMA
Ass I Sekda SBD, Christofel Horo, SH., saat membuka kegiatan English SHow di Radamata

Pimpinan JF Course, Lambertus James F Dima dalam sambutannya menjelaskan mengapa JF Course membangun kolaborasi dengan pemerintah desa Radamata dalam bidang kursus Bahasa Inggris, karena desa Radamata adalah desa yang terletak di pusat kota dan memiliki potensi wisata bahari, pusat pelayaran, pelabuhan yang berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata khususnya bisa menjadi pusat kuliner seefoad.

“Anak-anak yang dipersiapkan saat ini adalah salah satu strategi yang baik untuk mempersiapkan mereka agar tidak menjadi penonton dalam  menyambut desa wisata tersebut, kita menyiapkan SDM yang baik untuk sector-sektor pariwisata yang mulai berkembang di SBD” ungkap James.

Anggota DPR RI, Ratu Wulla, ST., saat memberikan sambutannya

Lebih lanjut James menekankan spot pariwisata di SBD semakin banyak, sehingga dibutuhkan pengembangan SDM sejak dini untuk menyambut peluang-peluang tersebut. Sumba adalah salah satu pulau terindah, SBD ibarat wanita cantik yang diperebutkan oleh para investor, sehingga putra-putri SBD harus dipersiapkan sejak dini khususnya dalam bidang Bahasa Inggris untuk menjemput peluang-peluang ke depan.

“Dari seluruh desa yang ada di SBD, desa Kalena Wanno, desa Radamata dan kelurahan Weetabula yang sudah menyambut program ini, sebenarnya sudah ada surat edaran bupati untuk 19 desa untuk melaksanakan program ini, namun karena adanya beberapa kendala termasuk  refocusing COVID-19 sehingga tercapai” jelasnya.

James juga menjelaskan selain anak-anak JF Course menyelenggarakan English Show, juga akan dilakukan penyerahan sertifikat saat ini, sehingga kedepannya diharapkan aka nada penambahan jumlah siswa di Radamata. Saat ini kebutuhan Bahasa Inggris sudah mutlak dibutuhkan karena sudah memasuki era revolusi industry 4.0., semua sudah berbasis Bahasa Inggris dan IT.

Baca Juga :   Bahtera Dorong Tata Kelola & Akuntabilitas Yang Baik Disektor Pendidikan

Mewakili Bupati SBD, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Christofel Horo, SH.,  sebelum membuka kegiatan English Show mengatakan kegiatan ini merupakan forum yang penuh rahmat, karena tidak semua tempat ada hal seperti ini.

Chris Horo mengapresiasi Kepala Desa Radamata yang sudah memberikan perhatian dalam pengembangan SDM anak-anak desa. Pintu masuk SBD di seputar Radamata, baik udara dan laut. Merupakan pilihan yang tepat pemerintah desa menjadikan program pengembangan SDM menjadi program unggulan.

“Tanpa kualitas SDM sia-sia pembangunan, kita mempunyai potensi yang bagus tetapi kesiapan kita tidak nyambung, SDM kita masih kurang,  cara menjawab Sumba adalah pulau terindah, dengan mempersiapkan SDM kita, ini salah satu embrio, salah satu rantai nilai yang harus didukung” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Chris Horo, hari ini timbul kecintaan saya pada desa Radamata, karena desa Radamata siap menyambut potensi pariwisata yang ada di Sumba. Jadi program ini kalau dilanjutkan kedepan, pemerintah akan mendukungnya.

“Tamu datang tidak hanya melihat panorama, bagaimana kita menerima, cara menerima adalah cakap berbahasa, dan Bahasa Inggris adalah bahasa dunia sebagai alat komunikasi. Program ini merupakan program unggulan desa Radamata yang patut diapresiasi” jelasnya.

Chris Horo menyampaikan keyakinanya desa Radamata akan lebih maju dari sekarang karena sudah memulai dengan benar dalam meningkatkan SDM warganya. Dirinya juga memberi apresiasi karena stunting desa Radamata juga mengalami penurunan.

Kepala Desa Radamata, Paulus Natara saat memberikan sambutan

Sementara itu anggota DPR RI Komisi IX, Ratu Ngadu Bonu Wulla, ST., yang terlambat tiba dalam sambutannya memberi apresiasi pada JF Course yang sudah mendukung dunia pendidikan melalui lembaga kursus bahasa Inggris.

Baca Juga :   SDN KANDELU KUTURA MEMPERINGATI HARI GURU NASIONAL KE-76

“Ini sebuah momentum yang luar biasa, kita dipertemukan dalam sebuah acara yang luar biasa, kita menyaksikan bagaimana anak-anak dengan melewati berbagai proses pelatihan dan sekarang mereka tampil” ungkap Ratu Wulla.

Lebih lanjut Ratu Wulla menjelaskan sebagai anggota DPR RI saya memberikan apresiasi atas kegiatan ini, adany akolaborasi antara JF Course dan Pemerintah Desa Radamata bersama-sama bergandengan tangan membangun daerah.

“Kita punya persoalan terkait dengan SDM, jangan kita anggap enteng karena kalau SDM kita tidak pacu,  20 tahun ke depan itu kita akan kehilangan generasi-generasi hebat,  makanya kita perlu bersama-sama bagaimana membina meningkatkan kualitas SDM yang ada di Indonesia, di NTT, di Sumba khususnya di SBD” tuturnya.

Ratu Wulla juga minta agar kedepan JF Course bisa dikembangkan menjadi STIBA (Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing), dirinya akan siap mendukung seperti yang sudah dilakukan dengan mendukung pendirian BLK Bahasa bersama JF Course.

“Saya memberi apresiasi pada adik James yang telah merintis perjuangan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris secara tertatih-tatih, pindah kesana kemari, hanya bermodalkan semangat bagaimana anak Indonesia bisa hebat , generasi muda bisa hebat, adik James Bersama teman-teman berjuang terus, dan saya percaya perjuangan itu tidak akan sia-sia akan ada tangga-tangga keberhasilan untuk membangun SDM di Sumba” jelasnya.

Untuk diketahui usai makan siang anak-anak didik JF Course menunjukan kebolehannya dengan pentas berbahasa Inggris dan menapat respon yang luar biasa dari peserta yang hadir. Di sela-sela kegiatan English Show, anggota DPR RI Ratu Wulla juga menyempatkan memberikan bantuan PMT bagi ibu hamil dan Balita. *** (Octa/002-22).-