UNITRI MALANG PEDULI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Malang-SJ………. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya.

Selama masa pandemi COVID-19, proses pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga bisa dibayangkan macetnya pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus dengan segala keterbatasan yang dimilikinya.

Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, salah satu Perguruan Tinggi di Malang Jawa Timur yang dikenal sebagai kampus kerakyatan berwawasan nasionalisme dan  kebangsaan, peduli pada anak-anak berkebutuhan khusus.

UNITRI Malang memberikan  pendampingan anak kebutuhan khusus di panti asuhan Dharul Azhar Karangploso, Jalan Sumber Bening  01 Leses, Desa Ngijo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, Kamis  (20/1/22) yang lalu dengan memberikan pembelajaran bahasa Indonesia.

Selain memberikan pelajaran Bahasa Indonesia,  4 orang dosen yaitu Muhammad Yusi Kamhar, S.Pd., M.Pd, Agustinus Ghunu, S.E., M.MA., M.AP., Moh. Askiyanto, S.E., M.M., dan Suhudi, S.T., M.T.,  dan beberapa mahasiswa UNITRI Malang juga memberikan bantuan sembako sebagai wujud dari program pengabdian pada masyarakat.Kepedulian UNITRI Malang pada anak berkebutuhan khusus ini dengan memberikan pendampingan pembelajaran Bahasa Indonesia sangat penting dilakukan agar anak-anak bisa mengenal huruf, nama-nama huruf dalam daftar alfabet yang digunakan sebagai media pembelajaran berbahasa pada anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) di LKS Karangploso.

Salah satu dosen UNITRI Malang, Agustinus Ghunu, S.E., M.MA., M.AP., yang dihubungi media ini mengatakan, pendampingan anak berkebutuhan khusus ini merupakan bentuk kepedulian kampus dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

“Ada banyak hal-hal positif yang sudah dilakukan oleh UNITRI Malang kampus kerakyatan ini, oleh karena itu ayo kuliah di UNITRI Malang, kampus kerakyatan berwawasan nasionalisme dan  kebangsaan, jadi jangan takut kuliah di Unitri, Education For All (Pendidikan untuk semua),” ungkapnya.

Baca Juga :   UNITRI MALANG GELAR WISUDA PERIODE KE 38 TAHUN 2022 SECARA DURING

Untuk diketahui UNITRI Malang adalah merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berbentuk Universitas yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur Indonesia yang beralamatkan di Jalan Telaga Warna Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang 65144. Perguruan tinggi ini memiliki slogan “Pendidikan Tinggi Untuk Semua”.

Sampai saat ini UNITRI Malang telah memiliki 6 Fakultas, yaitu Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), serta Program Pascasarjana dengan jumlah program studi sebayak 20 program studi dan ada 24 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta beberapa Organisasi Daerah Mahasiswa yang ada di Unitri. *** (Red/001-22),-