Kejuaraan Pencak Silat Singa Sakti D Dama Cup

Loura-SJ……. Asosiasi Seni Bela Diri Indonesia di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) gelar kejuaraan pencak silat di Desa Bondo Boghila Kecamatan Loura Kabupaten SBD, Nusa Tenggara Timur, Jumat (22/10/2021).

Ketua Perguruan Pencak Silat, Lodowykus Umbu Lodongo (kiri depan) dan D Dama (kanan depan) saat menuju podium

Ketua Perguruan Pencak Silat Lodowykus Umbu Lodongo mengatakan, kejuaraan ini untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

“Kejuaraan ini dalam rangka untuk menyemangati dan mengasa kemampuan para murid-murid pencak silat yang sudah lama berlatih serta menyalurkan bakat positif mereka” ungkap Lodowykus.

Lebih lanjut Lodowykus menjelaskan kejuaraan ini bisa terselenggara karena adanya dukungan dari berbagai pihak, khususnya anggota DPRD Provinsi NTT asal Dapil Sumba, Dominggus Dama, S. ST., MT.

“Dominggus Dama adalah pembina dalam organisasi Perguruan kami Silat, Kungfu dan Tenaga Dalam. Beliau sangat mendukung hal-hal positif seperti bela diri di SBD ini” jelasnya.

Bela diri yang berdiri sejak 6 April 1998 di Kupang dan berkembang pesat di Sumba Barat dan SBD sejak tahun 2002 ini mendapat respon luar biasa dari anak muda, remaja dan anak SD.

Kejuaraan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para murid Perguruan untuk terus berlatih dan menghindari hal-hal negatif seperti mabuk-mabukan, judi dan tindakan kriminal lainnya di kalangan anak muda dan remaja.

“Kejuaraan ini mengambil tema melestarikan pencak silat sebagai budaya bangsa serta menumbuhkan generasi muda yang berprestasi bersama Oleh Mila Oleh Dengo” kata Lodowykus.

Dominggus Dama yang ditemui media ini usai acara pembukaan mengatakan dirinya merasa bangga anak muda remaja sekarang melakukan hal-hal yang positif termasuk mengikuti bela diri silat ini.

“Saya mendukung sekali hal-hal positif yang dilakukan oleh anak-anak muda dan remaja ini. Daripada mereka nongkrong dan melakukan hal-hal yang negatif, dengan mengikuti silat dan kungfu, jiwa raga mereka semakin sehat, dan tidak ada waktu untuk melakukan hal-hal negatif” ungkap D Dama.

Baca Juga :   BUPATI MDT JANJIKAN LAPANGAN PEKERJAAN BUAT TIM PERSADA SBD

Dirinya mengharapkan lewat kejuaraan pencak silat ini, dapat menjadi motivasi dan contoh bagi kalangan muda lainnya untuk meniru hal-hal positif ini. D Dama juga mengimbau agar para peserta bertanding secara baik dan menjunjung tinggi sportifitas.

“Siapapun yang juara kita beri apresiasi, yang belum beruntung menjadi tambah semangat dalam berlatih, sehingga kejuaraan berikutnya bisa tampil sebagai juara” pungkas D Dama. *** (AH/018-21). –