Kapolres Sumba Barat Kerahkan Ratusan Personel Amankan Pasola Lamboya 2022

Waikabubak-SJ……… Dalam upaya menjamin keamanan pelaksanaan ritual adat Pasola Lamboya Tahun 2022, Kapolres Sumba Barat kerahkan ratusan personil gabungan di beberapa titik yang dinilai rawan.

Seperti diketahui pada Senin (01/02/22) berlangsung Pesta Budaya Pasola Lamboya 2022 bertempat di Lapangan Hobakala, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Segala persiapan telah dilakukan sambut gelaran tradisi Khas Sumba ini, termasuk giat pengamanan oleh jajaran Polres Sumba Barat bersama gabungan gabungan Kodim 1613 Sumba Barat, Brimob Kompi 2 Batalyon C, Pol PP serta Dinas Perhubungan Kabupaten Sumba Barat.

Dipimpin oleh Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, SIK, MH, Apel Persiapan Pesta Budaya Pasola dilaksanakan dan diikuti oleh para Perwira, Kapolsek serta Personel Gabungan Polres Sumba Barat dan Polsek. Apel persiapan juga di ikuti gabungan gabungan Kodim dan Brimob, Pol PP, Dinas Perhubungan Kabupaten Sumba Barat serta semua tidak terkait.

Ratusan personel gabungan diturunkan dan dibagi menjadi beberapa tim serta ditempatkan di beberapa titik guna menjaga kestabilan situasi kamtibmas selama gelaran Pasola berlangsung. 

Kapolres sumba barat dalam arahannya mengingatkan seluruh personel pengamanan agar melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tetap humanis.

“Kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan diharapkan tetap humanis, laksanakan tugas dengan tanggung jawab. himbauan dan teguran dengan santunan, tindakan dan pola yang kita terapkan semua mengacu pada kepatuhan terhadap protokol kesehatan COVID-19. 19 (Omicorn) masih mengancam kita semua” ungkap Kapolres.

Dua ekor Kuda Pamali masuk Lapangan Hobakala sebagai tanda dimulainya Pasola, usai dilaksanakannya ritual adat Liomadongara di Pantai Karewee. Dengan demikian gelaran Pesta Budaya Pasola Lamboya 2022 resmi dibuka dan dilaksanakan. 

Baca Juga :   POLRES SBD GELAR BAKTI SOSIAL BERSAMA FORKOMPINDA SBD

Sejak adanya pandemi COVID-19,  ritual adat pasola dilaksanakan dengan menerapkan batasan-batasan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Dari awal hingga akhir pesta adat pasola berlangsung aman dan lancar. Kapolres Sumba Barat memeberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel pengamanan serta kepada seluruh rasio dan juga atraksi atraksi sehingga tidak terjadi hal-hal yang menganggu situasi kamtibmas selama pasola berlangsung.

“Terima kasih kepada seluruh personel pengamanan yang terlibat, pasola Lamboya tahun 2022 dapat berjalan aman dan berkat kerja keras dan sinergitas kita semua. Kami juga menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerjasama dari seluruh tokoh adat dalam hal ini rasio yang memimpin memimpin ritual adat “Pasola” serta seluruh atraksi ritual pasola yang telah menjalankan pasola tahun ini dengan baik” pungkas Kapolres Sumba Barat. *** (Liputan: Yunia Boling/004-22),-