Hakim Tolak Gugatan Pra Peradilan Dugaan Korupsi Dana Bimtek

Hakim Nasution, SH saat memimpin sidang putusan pra peradilan kasus dugaan korupsi dana Bimtek Dinas PMD-SBD

Waikabubak-SJ …………… Hakim Nasution, SH memutuskan menolak semua gugatan Pemohon dalam sidang putusan Pra Peradilan kasus dugaan korupsi dana Bimtek Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dengan Nomor Perkara: 1/Pid.Pra/2019/PN Wkb Rabu, 31 Juli 2019 siang tadi.

Dalam pembacaan amar putusannnya Hakim tunggal Nasution, SH menyatakan menolak semua gugatan pemohon tersangka dugaan kasus korupsi Kepala Dinas  PMD SBD Drs. Alexander Samba Kodi dan Kabid Pemdes Dinas PMD SBD Rinto Dangga Loma, S.Kom dan memerintahkan Polres Sumba Barat untuk terus memproses kasus tersebut sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Iptu Mulyo Hartomo, Kasat Reskrim Polres Sumba Barat

Hakim Nasution menjelaskan alasan menolak gugatan pemohon karena proses penangkapan, penetapan tersangka dan penahanan yang dilakukan oleh Polres Sumba Barat terhadap dua tersangka sah menurut hukum.

Sidang pembacaan putusan pengadilan ini dihadiri oleh kedua tersangka dugaan korupsi Alex Samba Kodi, Rinto Dangga Loma, kuasa hukum pemohon  Michael Veka, SH. MH dan anggota keluarga yang ikut mendampingi. Sedangkan Polres Sumba Barat  sebagai pihak termohon dihadiri oleh Kasat Reskrim Polres Sumba Barat Iptu Mulyo Hartomo dan penyidik Polres Sumba Barat.

Seperti diketahui kasus dugaan korupsi Dinas PMD SBD masalah penyelenggaraan Bimtek aparat pemerintah desa dan BPD ini rencananya akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 11-14 Juli 2019 yang lalu. Tetapi kini dalam penanganan penyidik Polres Sumba Barat karena diduga adanya praktek tindak pidana korupsi dalam penyelenggaraan tersebut.

Kasat Reskim Polres Sumba Barat, Iptu Mulyo Hartomo yang dihubungi media usai sidang mengatakan pihaknya siyap menindaklanjuti putusan pengadilan saat ini.

Baca Juga :   2 ORANG PELAKU PENCURIAN HEWAN TERNAK DI DOR KARENA MELAWAN PETUGAS

Dirinya berjanji kedepan dalam penanganan kasus ini Polres Sumba Barat akan bertindak lebih professional lagi.

Pantauan media pelaksanaan sidang putusan pra peradilan ini berjalan lancar dan setelah mendengar putusan yang dibacakan oleh Hakim Nasution terdakwa dan keluarga langsung meneteskan air mata  sebagai tanda kekecewaan atas putusan tersebut. (OC$),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.