GMNI WAINGAPU: JANGAN JADI PENONTON DIRUMAH SENDIRI

Waingapu-SJ…………..Arus globalisasi yang berkembang pesat di era saat ini, telah merubah cara berpikir dan bertindak manusia. Bagaimana tidak, teknologi yang sangat canggih, telah memudahkan manusia dalam mengakses berbagai hal. Dalam bidang kewirausahaan atau bisnis, teknologi sangat sentral dalam memajukan ekonomi suatu negara.

Menanggapi hal ini, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Waingapu mengadakan Senimar Kewirausahaan yang bertemakan Menjadi Wirausahawan di Era Digital, yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Prailiu, Sabtu, 19 Januari 2019. Dengan melibatkan organisasi kepemudaan di kota Waingapu, organisasi Kemahasiswaan se – Sumba Timur dan anak SMA/SMK yang tergabung di Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Sumba Timur.

Narasumber dalam seminar tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian, Dinas Perdagangan Kabupaten Sumba Timur, Dra. Frida M. Yiwa, Siti Suryani, SE. M. SA dari akademisi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba dan Aktivis muda Adiman Umbu Anahahar, SE.

Sambutan Ketua DPC GMNI Waingapu, yang diwakili oleh Wakil Bidang Pemberdayaan Ekonomi, DPC GMNI Waingapu, Stepanus Y. M. Djawa sekaligus membuka kegiatan seminar kewirausahaan, mengatakan bahwa kondisi saat ini dikalangan anak muda masih banyak yang berkeinginan menjadi PNS, Sedangkan peluang menjadi PNS sangat kecil.

“Peluang usaha saat ini sangat menjanjikan, karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat cepat. Sehingga memilih menjadi wirausaha di era digital sangat luar biasa. Karena saat ini masih banyak anak muda yang ingin menjadi PNS, sedangkan peluang menjadi PNS sangat kecil sekali” ungkap Stepanus.

Wakil Bidang Pemberdayaan Ekonomi melanjutkan, saat ini Sumba menjadi daerah destinasi wisata di dunia. Sehingga mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang kreatif dan handal untuk menjawab tantangan yang semakin berat adalah tugas kita bersama. Bukan hal tidak mungkin, ketika kita tidak mempersiapkan diri menyambut arus globalisasi tersebut. Maka kita akan menjadi penonton dirumah kita sendiri” tutur Stepanus.

Baca Juga :   Bupati Dapawole Pantau Posko Timur Satgas Covid-19 Kabupaten Sumba Barat

Dirinya juga berharap, dengan adanya kegiatan ini, kami berharap kiranya peserta seminar dapat termotivasi untuk menjadi wirausahawan di era digital.

“Kami berharap dengan adanya seminar ini, peserta seminar dapat termotivasi sehingga suatu kelak dapat membuka usaha sendiri tanpa mengharapkan menjadi PNS” harapnya.

Pantuan media, kegiatan seminar berjalan lancar dan peserta seminar begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut. Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan pembagian piagam penghargaan kepada narasumber. (JSW),-