GEMPA BUMI DI SUMBA TIMUR TIDAK MEMENUHI SYARAT TSUNAMI

Kepala Stasiun Geofisika Waingapu Sumba Timur, Arif Tyastama S.si, M.Si.

Waingapu-Sj…. Keresahan Warga Waingapu akan terjadinya tsunami di Waingapu akhirnya diklarisifikasi oleh kepala stasiun Geofisika Waingapu.

“Jadi sampai malam ini gempa bumi yang tercatat dialat kami sampai pukul 17.00 Wita ada 25 gempa bumi baik yang dirasakan maupun yang tidak dirasakan dengan Magnitude yang bervariasi mulai dari pagi tadi mulai dari Mag. 5,2-63 Skala Richter, dan untuk gempa susulun kemungkinan masih ada tapi magnitudenya lebih kecil jadi masyarakat tidak perlu kuatir ketika rumahnya belum rusak apalagi belum ada laporan dari masyarakat bahwa ada rumah yang rusak, tapi masyarakat diminta untuk tetap waspada dan tetap keluar rumah ketika ada gempa susulan” Tutur Kepala Stasiun Geofisika Waingapu Sumba Timur, Arif Tyastama S.si, M.Si.

Arief yang ditemui media ini dipatung kuda Waingapu juga menambahkan bahwa tsunami itu memiliki syarat harus terjadi dilaut dengan kedalaman kurang dari 60 km dengan disertai gempa diatas 6,5 Skala Ricther sehingga gempa yang terjadi di Sumba Timur dengan Magnitude 6,3 SR belum memenuhi syarat untuk terjadinya tsunami. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa pusat gempa berada di selatan Sumba Timur sehingga jika terjadi tsunamipun untuk area Kota Waingapu dan sekitarnya yang berada di Utara Sumba Timur tidak akan langsung dihantam tetapi hanya akan mendapatkan pantulan dari tempat lain sedangkan laporan terakhir dipulau Salurapun tidak ada tanda-tanda akan terjadi tsunami.

Selain 2 hal diatas kepala stasiun Geofisika Waingapu juga menghimbau masyarakat untuk tidak termakan Isu akan terjadinya tsunami, karena hal tersebut hanya isu yang disebar oleh oknum tidak bertanggung jawab.(STM),-

Baca Juga :   Rangkuman Hasil Piala Dunia 2022 Semalam: Polandia Kalah, Tapi Masuk 16 Besar Bersama Argentina