FORUM MASYARAKAT ANTI KORUPSI TUNTUT BUPATI MDT DIPERIKSA

Tambolaka-SJ., Forum Masyarakat Anti Korupsi SBD pada Rabu, 28 November 2017 pukul 12;45 WITA melakukan demonstrasi damai di Kejaksaan Negeri Waikabubak Sumba Barat meminta agar menuntaskan masalah pasar Waimangura Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). 

Secara tegas Forum meminta agar Kejaksaan Negeri (Kejari) Waikabubak memanggil oknum-oknum yang bersembunyi dibalik jabatan besarnya, atau Kejaksaan mengembalkan berkas kasus pasa Waimangura ke penyidik Polres Sumba Barat untuk melengkapi dan memeriksa bupati SBD Markus Dairo Talu, SH  yang diduga menjadi aktor intelektual dibalik kasus pasar Waimangura. 

koordinator umum Forum Masyarakat Anti Korupsi, Agustinus Gallu Wolla mengatakan adanya kejanggalan pada proyek pasar Waimangura yang berulang kali gagal tender yang akhirnya dikerjakan oleh kontraktor Robby Chandra. 

“kami sudah senang mendengar kabar ditahannya Robby Chandra dan PPK Masdi, tetapi kami merasa ada ada hal-hal yan ganjil dan ketuntasan secara jelas, karena para saksi dan tersangka menyebut bahwa bupati MDT sebagai salah satu aktor berpengaruh dalam menentukan pemenang tender dari prpyek ini” ungkapnya.

Lebih lanjut Agustinus menjelaskan secara hukum MDT telah menyalahgunakan wewenangnya sebagai Bupati dengan menentukan  pemenang tender atau menunjuk langsung Robby Chandra sebagai rekanan untuk mengerjakan proyek itu. Sebenarnya yang dilakukan oleh MDT adalah kewenangan dari instansi teknis dalam penentuan pemenang tender, yakni LPSE sebagai lembaga yang memiliki kewenangan mutlak.

“oleh karena itu mestinya polisi harus memeriksa bupati MDT dalam hal penyalahgunaan wewenang” lanjut Agustinus.

Kajari Adji Ariono, SH., (tengah duduk) Saat menerima Forum Masyarakat Anti Korupsi
Kajari Adji Ariono, SH., (tengah duduk) Saat menerima Forum Masyarakat Anti Korupsi

Kepala Kejaksaaan Negeri Waikabubak Adji Ariono, SH langsung menemui para pendemo dengan mengajak untuk melakukan diskusi di ruang Kejari Waikabubak. Dalam dialog Kajari yang ditemani beberapa kepala seksi pidana dan staf kejaksaan menerima semua masukan dari Forum Masyarakat Anti Korupsi dan berjanji akan dipelajari dan ditindak lanjuti.

Baca Juga :   Melangkah Kedepan Tanpa Melupakan Sejarah-GEMMA Kefamenanu Rayakan HUT Ke-XI

“kita juga harus maklum dalam proses penghitungan kerugian Negara dibutuhkan waktu, dan kami selalu bekerja sama dengan penyidik kepolisian, dan kami berjanji akan menyelesaikan sampai tuntas” kata Kejari Sumba Barat ini. 

Demonstrasi diawali dengan jalan kaki  dari KM 3 Waikabubak sampai kantor Kejaksaan Negeri Waikabubak. Kelompok kecil Forum Masyarakat Anti Korupsi dikawal oleh puluhan polisi yang berjaga-jaga untuk mengamankan. Aksi damai ini sendiri berjalan tanpa ada kericuhan dan berjalan lancar. 

Demonstran saat orasi menuntut penyelesaian kasus Pasar Waimangura
Demonstran saat orasi menuntut penyelesaian kasus Pasar Waimangura

Tibo salah satu orator dalam demontrasi ini meminta pihak kejaksaan untuk secepatnya menyelesaikan  masalah pasar Waimangura ini dan jika dalam waktu 2 minggu belum ada kejelasan akan kasus ini, mereka akan kembali lagi dalam jumlah masa yang lebih banyak lagi.

“jika Kajari Waikabubak dapat menyelesaikan masalah ini, kami akan kembali lagi untuk menjemput Kajari Adji Ariono dengan menggendonngnya sampai ke SBD, sebagai ucapan terima kasih kami padanya tutur Tibo. (JB),- 

Leave a Reply

Your email address will not be published.