DINAS KOMINFO SUMBA TIMUR GELAR SOSIALISASI KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT

Waingapu SJ……………. Kelompok informasi masyarakat (KIM ) merupakan Lembaga layanan publik yang di bentuk dan di kelola dari, oleh dan untuk rakyat yang berprestasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan. Pentingnya masyarakat membetuk kelompok KIM untuk mengatasi persoalan bersama melalui akses dan pemberdayaan informasi di era digitalisasi.

Demikian dismapaikan Kadis Kominfo Sumba Timur Syane Tamu Ina, ST, MT dalam sambutan dan pemaparan materinya di aula Kantor DInas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumba Timur saat menggelar Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarkat (KIM), Rabu (30/03/22).

Syane Tamu Ina, ST, MT.,  dalam sambutan dan pemaparan materinya  mengatakan KIM adalah kelompok Informasi yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif,  yang aktifitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

Kata Stane,  KIM nantinya jika sudah dibentuk akan mewujudkan masyarakat yang aktif, peka memahami informasi, mewujudkan jaringan informasi dan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya.

“Adapun yang menjadi peserta sosialisasi KIM adalah perwakilan masyarakat dari 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Kota Waingapu, Kambera, Kanatang dan Pandawai” ujar Syane Tamu Ina.

Hal senada juga disampaikan oleh Rambu Naha Ana Awang, ST, M,SI.,  Sekdis Kominfo Sumba Timur yang menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.

“KIM nantinya juga mempunyai tugas untuk menangkal isu-isu hoax yang ada di masyarakat, serta KIM yang ada mampu mampu memanfaatkan teknologi komunikasi yang ada untuk memberdayakan masyarakat dalam bidang ekonomi. Seperti contoh pemasaran produk anggota KIM dalam bentuk digital sehingga bisa menjangkau seluruh wilayah” tuturnya.

Sementara itu, Fredy Kalikit Bara peserta sosialisasi KIM dari Kecamatan Kambera mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kominfo Sumba Timur terkait KIM.

Baca Juga :   Bupati Niga Tegaskan Sumba Barat Siap menjadi Co-Host BBTF 2020

“Apalagi saya saat ini yang bekerja sebagai seorang petani membutuhkan informasi-informasi aktual terkait pertanian dan juga terakit hasil pertanian saya agar mampu dipromosikan dengan baik secara digital” ulasnya. *** (Denis/006-22),-