DANDIM 1629/SBD TINJAU LOKASI BENCANA PUTING BELIUNG DI KODI

Suarajarmas.com – Dandim 1629/SBD, Letkol Czi. Novi Kurniawan, ST., tinjau lokasi bencana alam angin putting beliung dan sekaligus memberikan bantuan sosial bagi korban  di Desa Ate Dalo Kecamatan Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, Minggu (30/4/2023).

Turut mendampingi Dandim 1629/SBD, Danramil 1629-02/Kodi, Kapten Cba. Yan Karel Dedi Mete,  para perwira staf Kodim 1629/SDB beserta anggota Koramll 1629/SBD. Saat menemui para korban bencana putting beliung, Dandim juga didampingi kepala desa Ate Dalo.

Dalam upaya meringankan beban para korban, Dandim berkesempatan memberikan bantuan sosial berupa sembako bagi para korban yang rumahnya hancur berantakan. Dandim beserta rombongan juga berkesempatan melayat di rumah duka korban meninggal dunia akibat angina putting beliung.

Kepada para korban dan masyarakat setempat yang hadir, Dandim menuturkan  TNI hadir  di tengah masyarakat untuk membantu masyarakat baik materil maupun secara moril.

“Untuk saat ini kami membawa paket sembako dan kedepan akan membantu untuk bersama-sama bergotong royong untuk membangun kembali rumah-rumah yang rusak akibat dampak bencana alam puting beliung” jelasnya.

Dandim 1629/SBD, Letkol Cza Novi Kurniawan tengah) saat melihat langsung kondisi rumah warga roboh

Kepada media ini saat dihubungi, Dandim menyampaikan turut berbelasungkawa kepada keluarga yang meninggal dunia akibat rumahnya tertimpa pohon kelapa yang tumbang. Angin puting beliung ini adalah bencana alam yang tidak bisa dihindari oleh manusia.

“Saya berpesan pada kepala desa dan dibantu oleh masyarakat agar bergotong royong untuk memperbaiki rumah-rumah yang rusak tersebut. Pada saat kejadian hari Jumat yang lalu, Koramil 02/Kodi, Babinsa turun langsung membantu para korban yang tertimpa musibah” ungkapnya.

Letkol Novi Kurniawan menambahkan bantuan sosial dari Kodim 1629/SBD, Koramil 1629-02/Kodi hanya bisa membantu meringankan beban para korban. Ia berharap Pemda SBD membantu perbaikan rumah-rumah warga.

Baca Juga :   SUMBA BARAT DAYA TELAH MEMILIKI DOKUMEN KAJIAN RISIKO BENCANA (KRB)

“Saya juga mengajak dinas terkait termasuk BPBD dan Dinas Sosial untuk mendukung para korban melihat apa yang menjadi kebutuhan utamanya. Kepada masyarakat pada umumnya agar terlibat aktif membantu Pemerintah untuk membangun kembali rumah-rumah korban bencana” tambahnya.

Kepada mitra-mitra terkait, organisasi kemanusiaan dan LSM, Dandim juga berharap agar meringankan langkah dan tangannya ikut membantu para korban yang tertimpa musibah. *** (Octa/002-23).-