Chris Taka Buka Dengan Resmi Turnamen Sepak Bola Pelajar SMA/SMK/MA

Tambolaka-SJ……….. Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Marthen Christian Taka, S.IP., membuka dengan resmi Turnamen Sepak Bola Pelajar SMA/SMK/MA di stadion mini Galatama Desa Radamata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Rabu (11/5/2022).

Ketua panitia, Illu kalli, S. Pd., saat menyampaikan laporannya

Turnamen yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional  2 Mei 2022. Turnamen ini diikuti oleh 36 sekolah yang tersebar di SBD dengan jumlah 36 club sepak bola putra dan 35 sepak bola putri.

Dalam laporannya, ketua panitia penyelenggara, Illu kalli, S. Pd., mengatakan, turnamen yang diselenggarakan dari tanggal 11-30 Mei 2022 ini dibagi dalam 3 zona, zona Kodi dengan tempat pertandingan di lapangan Homba Karipit untuk 10 sekolah, zona Wewewa akan bertanding di lapangan Waimangura juga diikuti oleh 10 tim, sedangkan zona Kota dan Loura ada 16 tim yang akan bertanding di stadion mini Galatama.

Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S.IP., saat memberikan sambutan sebelum membuka kegiatan Turnamen

Juara 1 dan 2 masing-masing zona akan bertarung di stadion mini Galatama. Sedangkan juara 1 dan 2 tim sepak bola putra dan putri akan bertarung di tingkat provinsi pada bulan Juli mendatang dengan presentase 60% pemain dari sekolah yang juara dan 40% pemain-pemain terbaik dari sekolah yang lain.

“Sumber dana dalam turnamen ini, pertama kontribusi dari sekolah-sekolah pendaftar, kedua mendapat dukungan sponsor dari PT. Bumi Indah, Bank NTT dan beberapa donator-donatur yang lainnya” ungkapnya.

Dalam sambutannya sebelum membuka dengan resmi Turnamen Sepak Bola Pelajar SMA/SMK ini, Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S.IP., mengatakan Pendidikan di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik tetapi juga menyangkut aspek non akademik sehingga dengan begitu pelajar diharapkan memperoleh pengalaman  belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangan yang ada.

Baca Juga :   Bupati Kornelius Buka Turnamen Bola Voly Bupati Cup Antar Pelajar se-SBD

“Penyelenggaraan turnamen sepakbola pelajar SMA/SMK/MA merupakan salah satu wadah untuk mengapresiasi kebutuhan non akademik belajar, yangmemiliki bakat dan minat serta bertujuan meningkatkan kondiisi kesehatan jasmani pelajar dan meningkatkan prestasi pelajar di bidang olahraga khususnya sepakbola” ungkap Wabup Chris Taka.

Lebih  lanjut dijelaskan,  di samping itu kegiatan turnamen sepak bola antar pelajar merupakan bagian dari sistem pembinaan olahraga yang bertujuan untuk menjaring   bibit-bibit atlet sepakbola berbakat untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan menjadi atlet daerah sehingga nantinya dipersiapkan untuk mengikuti ajang perlombaan di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional.

Dalam kesempatan itu juga Chris Taka menyampaikan guna mendukung dan menyukseskan turnamen tersebut, Pemda SBD memberikan kontruibusinya sebesar Rp.20 juta. Dana  ini bisa secepatnya dambil oleh penitia dalam waktu 1 atau 2 hari ke depan.

“Saya berharap dari hasil kejuaraan turnamen sepak bola pelajar hari ini bisa terpilih pemain-pemain terbaik yang dipilih seleksi menjadi pemain dari kontingen persepakbolaan SBD yang selalu dibilang Persedaya” harapnya.

Chris Taka juga berpesan peserta untuk  bertanding dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi sportifitas,  menunjukkan prestasi terbaik. Untuk para wasit agar memipin pertandingan ini secara professional,  objektif,  menjunjung tinggi norma dan etika serta kehormatan wasit.

“Kepada guru-guru, pelatih dan Pembina,   mari kita jadikan momentum ini sebagai sarana evaluasi  proses pembinaan anak didik yang kita didik untuk lebih baik dan pada akhirnya memiliki prestasi yang baik” pungkasnya.

Usai membawakan sambutannya Chris Taka menendang bola pertama di lapangan sebagai tanda resminya Turnamen Sepak Bola Pelajar SMA/SMK/MA di gelar dimulai di SBD. Pertandingan perdana pada Rabu pagi ini, adalah pertandingan antara klub sepak bola para kepala sekolah SMK melawan kepala sekolah SMA.*** (Octa/002-22),-