BUPATI SBD TEKANKAN MASALAH STUNTING DALAM MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN KODI BALAGHAR

Kodi-SJ……….. Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelius Kodi Mete menekankan masalah stunting/gizi buruk di SBD yang sedang melonjak tinggi saat ini. Bupati minta Pemerintah harus serius dalam upaya penanganan masalah tersebut.

“Desa wajib mengalokasikan anggaran untuk PMT Penyuluhan dan PMT Pemulihan bagi Balita gizi buruk dan gizi kurang” ungkapnya.

Bupati Kodi Mete juga mengatakan saat ini telah dilaksanakan operasi timbang di desa-desa dengan maksud dan tujuan agar dapat memeproleh data tentang anak gizi buruk/stunting di SBD  untuk dijadikan pegangan dalam mengatasi stunting/gizi buruk di wilayah Kabupaten SBD.

Sementara itu Kapolsek Kodi Bangedo, yang turut hadir mendamping Bupati SBD saat membuka kegiatan Musrenbang menekankan masalah  pergantian perangkat desa yang sering menuai protes dan keberatan akhir-akhir ini.

Ipda M. Luthpi Asriyan,S.Tr.K., minta agar para kepala desa dapat mempedomani aturan yang ada tentang pergantian perangkat desa supaya tidak menimbulkan konflik dalam di desa yang dampaknya akan terasa di tengah-tengah masyarakat nantinya.

Terkait pembagian bansos , Kapolsek minta agar para kepala desa dapat menghimbau warganya yang belum vaksinasi agar dapat melakukan vaksinasi yang mana pembagian bansos tersebut akan dilaksanakan oleh Pihak Pos Indonesia di Kantor Desa Wailanggira dan Kantor Camat Kodi Balaghar.

Sebagai daerah pelaksana budaya Pasola, Kapolsek juga minta para kepala desa  menngimbau masyarakatnya untuk menghindari minuman keras dan membawa sajam saat pelaksanaan Pasola.

“Terkait dengan pasola agar para Kepala Desa dapat menghimbau kepada masyarakat untuk tidak minum-minuman keras pada saat pelaksanaan Pasola serta tidak membawa sajam dalam lingkungan Pasola” tuturnya.

Bupati Kornelius Kodi Mete melakukan panen perdana padi di depan kantor Kecamatan Kodi Balaghar

Pantauan media pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Kodi Balaghar yang dibuka oleh Bupati SBD i oleh dr. Kornelius Kodi Mete dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, para pimpinan OPD bersama staf, serta seluruh kepala desa dan utusan dari masing-masing desa.

Baca Juga :   Jelang Pelaksanaan Sidang Raya XVII PGI

Turut hadir juga Anggota DPRD SBD Dapil IV SBD, Lodowyk Lendu,S.Pd,  Oktavianus Ndari dan Cornelia Horo,  Danramil 1629-02 Kodi, Kapten INF.  Tohir Yuswan Putra, Kapolsek Kodi Bangedo Ipda Muhammad Luthpi Asriyan,S.Tr.K., tokoh agama, tokoh masyarakat dantokoh pendidikan.

Sebelum membuka kegiatan Musrenbang Kecamatan Kodi Balaghar, Bupati SBD bersama Tripika Kecamatan dan pimpinan OPD melakukan panen perdana padi lading di depan kantor kecamatan Kodi Balaghar. *** (Ruli/011-22),-