Bupati Nelis Buka Sumba Hijau Futsal Tournament 2019

Bupati Nelis saat melepaskan tembakan perdananya sebagai tanda resmi berlangsungnya Sumba Hijau Futsal Turnamen yang ke-3 tahun 2019

Tambolaka-SJ……………… Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelius Kodi Mete melepaskan tendangan kaki kirinya ke arah gawang sebagai tanda resmi dimulainya Sumba Hijau Futsal Tournament 2019 di lapangan Futsal Sumba Hijau Tambolaka SBD, Jumat (6/11/19) pukul 17.05  Wita.

Turnamen yang diikuti oleh 29 tim futsal dari empat kabupaten Pulau Sumba memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 25.000.000,- dengan perincian juara I piala bergilir, medali  dan piagam serta total uang Rp. 10.000.000,- juara II dengan total hadiah Rp. 7.000.000 ditambah dengan medali dan piagam, juara III total hadiah Rp. 5.000.000 plus medali dan piagam, Fair play team Rp. 2.000.000 plus trophy dan piagam, top scorer Rp. 500.000 plus plus trophy dan piagam dan Best Player dengan hadiah uang Rp. 500.000 plus trophy dan piagam.

Dalam sambutannya bupati Nelis mengapresiasi turnament  futsal ini sebagai olahraga yang sudah memasyarakat di Sumba khususnya SBD dan Pemda mendukung penyelenggaraan turnament futsal ini yang diharapkan bisa menghasilkan bibit-bibit pemain futsal yang bagus sehingga Sumba juga bisa berperan ditingkat yang lebih tinggi melalui KONI.

Dirinya mengatakan sebagai bentuk dukungan Pemda agar tahun 2020 total hadiah yang diperebutkan bisa meningkat menjadi Rp. 50.000.000,-

Bupati SBD ini juga menghimbau agar pelaksanaan turnamen berlangsung aman dan dipenuhi dengan sporitfitas tinggi.

“Kalau boleh semuanya bisa juara, saya himbau agar dalam turnament ini dijunjung tinggi sporitifitas dalam bertanding sehingga menghasilkan juara dengan sportif” ungkapnya.

Ketua Panitia Pelasana Alfarizal Saputra yang dihubungi media mengatakan turnament futsal ini berangkat dari kegelisahaan komunitas futsal SBD walaupun secara resmi belum adanya legal formal tetapi memberanikan diri untuk menyelenggarakan turnamen tahun 2019 ini.

Baca Juga :   Kuda Sandelwood Kembali Berlaga Dalam Open Turnamen Pacuan Kuda Kapolres SBD Cup

“Kami berkumpul, kami gagas di tahun 2017 dan menggandeng Sumba Hijau grup yang mendukung kami selama 2 tahun.  Di tahun 2019 ini puji Tuhan, alhamdulilah kami sudah bisa mandiri dari segi pendanaan, dan kami juga dibantu oleh Pemda (KONI SBD) sehingga turnament ini bisa berlanjut di tahun 2019 ini” ujarnya.

Lebih lanjut Alfarizal menjelaskan selain mendapat dukungan penuh dari Sumba Hijau dan KONI, Dapur Sumba dan Pegadaian. Target yang ingin dicapai adalah generasi muda bisa dirangkul dan dipersiapkan untuk melihat tantangan kedepan.

“Di turnamen ketiga ini kami batasi pemain-pemain luar Sumba maksimal 2 orang tiap klub. Kedepan kami ingin merancang turnamen berjenjang dan nanti kami akan minta masukan dari Pemda, sehingga dari SBD bisa berlaga sampai ke tingkat Provinsi bahkan Nasional” ujarnya.

Ditempat terpisah  Danpos Perwakilan TNI AU, Letda Jainul R kepada media memberi apresiasi pada masyarakat SBD khususnya komunitas futsal yang ada yang menyelenggarakan turnamen ini sebagai kegiatan yang positif untuk kaum muda.

“Senada dengan Bupati SBD yang mendukung turnamen ini kami juga sangat salut dan bangga dengan masyarakat SBD khususnya komunitas futsal ini, seperti yang sudah disamapaikan oleh Bupati tadi agar tahun depan lebih meriah lagi” katanya.

Dirinya juga berharap agar dalam turnamen yang berlangsung dari 6 – 15 Desember  ini dijunjung tinggi sportifitas, dalam pertandingan apasti ada yang menang dan ada yang kalah.

“Mari kita junjung tinggi sporitifitas dalam bertanding, yang namanya bermain pasti ada kalah dan menang, mudah-mudahan yang kalah bisa menerima karena kita juga menjunjung tinggi olahraga” pintanya.

Dipantau oleh media ini pembukaan turnamen ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Dekranasda SBD,  Octavina T. S. Samani, Kepala Desa Rada Mata, tokoh-tokoh olah raga SBD. Hingga berita ini diturunkan pertandingan perdana antara juara bertahan Tim Avenger Vs Tim Magnum sedang berlangsung  dengan kedudukan sementara di babak I, 3:1 oleh juara bertahan Avenger. *****

Baca Juga :   Personil Polres Sumba Barat Amankan Pacuan Kuda Cup

Liputan: Octav  Dapa Talu,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.