BUDAYA KAKO MALE UNGKAPAN KEGEMBIRAAN UMAT PAROKI ST. DOMINIKUS DE GUZMAN

Karuni-SJ……Dalam Rangka pengukuhan pengalihan status dari Quasi Paroki  menjadi Paroki Defenitif St. Dominikus De Guzman dilaksanakan tradisi Budaya, Kako Male untuk memeriahkan acara pengukuhan tersebut.  Acara Kako Male berlangsung gereja Quasi Paroki Desa Ramadana, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD)-NTT Jumat (12/8/2022).

Stefanus Ama Nunu ketua peresmian Paroki St. Dominikus De Guzman Karuni saat di wawancarai oleh media ini saat penjemputan Kako Male rombongan dari berbagai Stasi dan Lingkungan mengatakan Kako Male ini sebagai sebuah tradisi budaya Sumba dimana semua Stasi dan Lingkungan yang ada di Paroki St. Dominikus De Guzman berkumpul di Umma Kalada (Rumah Besar) dalam hal ini Paroki untuk bersama-sama merayakan atau ungkapan syukur atas penantian selama 10 tahun setelah menerima SK dari yang Mulai Bapa Uskup MGR. Edmund Woga, CSsR.

Lebih Lanjut Stef mengatakan dengan Kako Male ini kita terus mewariskan budaya, kita tidak bisa biarkan budaya itu berlalu begitu saja dan jangan sampe budaya nanti hanya tinggal cerita. Perlu kita wariskan kepada anak cucu kita agar mengetahui budaya bukan mendengar dari cerita saja.

Stef juga berpesan dan mengajak agar semua umat baik dari seluruh Stasi yang tersebar di dua Kabupaten yaitu Sumba Barat Daya dan Sumba Barat serta di lingkungan yang di pusat Paroki Pusat saling bergandengan tangan, kerja sama sehingga kita sukseskan bersama Pengukuhan Paroki yang kita sudah nantikan selama 10 tahun.

“Setelah dihantam oleh COVID-19 selama 2 tahun lebih, mari kita bangkit bersama dalam Iman untuk kesejahteraan kita bersama dan kami berharap dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan Pengalihan Status dari Quasi menjadi Paroki Defenitif” ungkapnya.

Baca Juga :   1000 Lilin Untuk Ahok

Untuk diketahui, misa pengukuhan pengalihan status dari Quasi menjadi Paroki akan dipimpin langsung oleh yang Mulai Uskup Weetebula MGR. Edmund Woga, CSsR pada hari Minggu 14/08/2022.

Paroki St.Dominikus De Guzman membawahi 18 Stasi yang berada di 2 kabupaten yaitu Kabupaten SBD dan Sumba Barat (6 Stasi di kecamatan Tana Righu) dan 5 Lingkungan di pusat Paroki. Quasi Paroki Karuni dimekarkan pada tahun 2012 dari Paroki St. Arnoldus Janssen Tambolaka. Pantauan Media setelah Acara Budaya Kako Male ada Pentas Seni Budaya yang melibatkan semua Stasi dan Lingkungan. Acara ini berjalan lancar aman dan damai *** (EBuga/009-22).-