BPBD SUMBA TIMUR SALURKAN BANTUAN STIMULAN BENCANA SEROJA

Waingapu-SJ……..Inventarisasi kerusakan rumah akibat siklus tropis Bencana Alam Kabupaten Sumba Timur. Kewenangan ini di laksanakan oleh pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur dengan membentuk Tim inventaris lintas sektor dalam hal ini BNPB sebagai pendamping terkait prosesnya Tim melakukan survey terhadap kerusakan rumah warga dan memferifikasi sektor tiga jenis kerusakan yakni Rusak Berat (RB), Rusak Sedang (RS), Rusak Ringan (RR) serta di lengkapi data yang akurat.

Kepala Dinas BPBD Sumba Timur, Ir. Mikail Jaka Laki M.Si.,  menegaskan penyaluran distribusi stimulan bencana  pada awak media, Senin (23/5/2022) di gedung Umbu Hapu Mbay Kelurahan Prailiu Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur dalam acara Sosialisasi Bantuan Stimulan Perumahan Untuk Korban Bencana Alam.

Menurut Mikail, langkah sosialisasi kita memberikan penjelasan kepada seluruh Stecholder terutama masyrakat penerima bantuan stimulan supaya dapat memahami regulasi yang ada dan paham apa yang menjadi hak dan kewajiban masyarakat.

Lebih lanjut Mikail menjelaskan, bagi masyarakat yang mendapat bantuan agar segara melengkapi syarat-syarat yang di tentukan mulai dari syarat membuka rekening BRI terlebih melengkapi semua admnistrasi agar sesegara mungkin secepatnya menyalurkan distribusi bantuan melalui rekening BRI yang sudah bekerja sama dengan BPBD.

“Bagi penerima manfaat bantuan stimulan kabupaten Sumba Timur yang sudah di verifikasi dan termasuk dalam kategori layak untuk mendapat bantuan, jumlah Kepala keluarga (KK) 2.174 yang terdata untuk pendanaan stimulan korban siklus tropis bencana alam yang sudah termasuk dalam data BPBD Provinsi” ungkapnya.

Namun ternyata hasil yang di verifikasi di analisis dan di review oleh BPBD kabupaten hanya 1939 KK yang memenuhi persyaratan, namun demikian bahwa dalam perjalanan hal-hal itu memang ada, akan tetapi dokumentasinya belum lengkap serta masih ada masyarakat terdampak korban bencana yang memiliki data ganda tidak punya KK, upaya itu kami akan kolektif kologial memverifikasi dengan Tim teknis pendamping lapangan agar sesegara mungkin dapat di selesaikan.

Baca Juga :   MUSDA GOLKAR SBD DILAKUKAN SECARA MUSYAWARAH DAN MUFAKAT

Anggaran yang di sediakan oleh Pemerintah pusat untuk menyalurkan bantuan stimulan di Kabupaten Sumba Timur sebesar Rp.53.270.000.000,- (Lima Puluh Tiga Milyard Dua Ratus Tujuh Puluh Juta Rupiah) sedangkan dana pendampingan yang di sediakan oleh pemerintah Daerah sendiri sebesar Rp.250.000.0000 (Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) untuk salah satunya melakukan sosialisasi, pendampingan lapangan dan termasuk rapat-rapat teknis juga termasuk uang perjalanan pendamping dalam rangka monitoring di lapangan, paparnya. Uraian lanjud mikail kriteria bagi Rumah korban yang terdampak seperti Rusak Ringan dan Rusak Sedang akan langsung di transfer 100% melalui rekening BRI yang sudah di sediakan oleh masyrakat melalui kerjasama BPBD, sedangkan Rumah yang terdampak Rusak Berat akan di lakukan secara dua kali bertahap sesuai aturan yang berlaku, tahap pertama di salurkan 50% dan tahap ke dua 50%.

“Kesan saya berharap agar dapat dipercepat pemulihan pembangunan bagi masyarakat Stimulan yang terpapar Dampak Bencana Alam, dan saya berharap kepada semua Stecholder dan semua elemen Masyarakat dapat bekerja sama untuk proses pembangunan perumahan ini secepatnya agar masyarakat dapat menikmatinya” pungkasnya. *** (Denis/006-22).-

Paling Dicari: