Apel HUT NTT ke-64 di Desa Hameli Ate Kodi Utara SBD, Meriah dan Bermakna

Tambolaka-SJ…….. Apel peringatan HUT NTT ke-64 dilaksanakan di Desa Hameli Ate Kecamatan Kodi Utara Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, Selasa (20/12/22), berlangsung meriah, bermakna dan meninggalkan kesan tersendiri bagi masayarakat Hameli Ate khususnya dan SBD umumnya.

Pasalnya, apel HUT NTT yang dipimipin langsung oleh Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat, dihadiri Wakil Gubernur Yosep A Naesoi, Kapolda NTT, Korem 161/Wirasakti, anggota DPRD NTT, dan para Bupati/Walikota se-NTT ini, diselenggarakan lokasi lahan pertanian masyarakat yang ini dalam persiapan tanam bagi para petani.

Turut hadir juga Bank NTT sebagai penyelenggara dan sponsor utama, Kapolda NTT, Kasrem 161/Wira Sakti, OJK, dan tamu undangan lainnya.
Sebelum pelaksanaan apel peringatan HUT NTT ke-64, Gubernur bersama Wakil Gubernur bersama seluruh Bupati/Walikota melakukan penanaman simbolis dan peninjauan lahan pertanian.

Para Bupati/Walikota se-NTT menanan pohon kenangan (anakan pohon khas dari daerah masing-masing) selain menanam jagung, sorgum dan kelor, serta tanaman komoditi hoktikultura lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat mengatakan apel perayaan HUT NTT tahun 2022 ini dilaksanakan di pelosok SBD.

“Selama kami menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, kami melihat bahwa provinsi ini miskin karena tidak mempunyai sumber daya yang cukup, NTT sangat kaya, tetapi dibutuhkan kecerdasan, pengetahuan, kemauan dan keberanian untuk memahami dan melaksanakan kekayaan itu. Sekarang terus dan terus kita gerakan itu” ungkap Gubernur VBL.

Lebih lanjut VBL menekan motto NTT saat ini, NTT Bangkit, menuju masyarakat sejahtera dalam bingkai Negara Kesatuan RI. Sehingga NTT harus bangkit untuk membangun provinsi NTT.

Salah satu program yang menjadi perhatian NTT adalah program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS). Dibutuhkan kolaborasi antara tidak sendiri-sendiri.

Baca Juga :   BANK NTT PEDULI SAHABAT DAN BERBAGI KASIH

“Program TJPS adalah salah satu program kolaborasi Pertanian, Peternakan dan Industri yang kita lakukan” jelasnya.

Dirinya minta agar semua Kabupaten/Walikota di NTT lakukan program kolaborasi agar dapat menghasilkan produktivitas yang tinggi.

“Pelaksanaan apel HUT NTT ke-64 di Desa Hameli Ate Kabupaten SBD ini, agar kita bisa melihat secara langsung program kolaborasi yang sudah dilakukan di SBD, ini merupakan contoh yang harus kita tindak lanjuti” tegasnya.

Usai apel peringatan HUT NTT ke-64, dilanjutkan dengan rapat kerja Gubernur bersama Bupati/Walikota se-NTT dan pihak terkait lainnya. Dalam rapat ini Bupati SBD, Kornelius Kodi Mete memaparkan best practice manajemen pertanian. Selain itu para Bupati dan Walikota juga memaparkan programnya.

Hingga berita ini diturunkan rapat kerja gubernur bersama Bupati/Walikota masih berlanjut. Pada sorenya akan dilanjutkan dengan pesta hiburan rakyat di stadion Galatama Desa Radamata Kecamatan Kota Tambolaka SBD. *** (Octa/002-22). –