​BICARA TOLERANSI MARI BELAJAR DARI PULAU SUMBA

by -213 views

Waingapu-SJ……. Natal Nasional 2017 Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI)  di pulau Sumba dengan tema “Berbahagialah Dengan Semua Ciptaan” (Kolose:1:15-23) dimulai pada  pukul 16.00. Wita di gedung pertemuan Umbu Hapu Mbay (Gedung MPL Waingapu) Sabtu, 20 Januari 2017  yang dihadiri oleh tamu kehormatan Dubes Palestina Zuhair SM Al Shun, pejabat-pejabat perwakilan dari Jakarta dan pejabat pemerintah daerah se-daratan Sumba. 
Rombongan Duta besar palestina, Perwakilan Menteri Agama, Perwakilan Meteri pemuda dan olahlaraga, dan mewakili kementrian ESDM, Putri Pariwisata Indonesia 2016 disambut dengan Luluk Sumba dan tarian Harama serta pengalungan cinderamata oleh Bupati Sumba Timur.

Perayaan Natal GMKI
Perayaan Natal GMKI

Pembakaran lilin dalam acara ini dilakukan masing-masing oleh Ketua Sinode GKS, mewakili Kementrian Agama RI, mewakili Kementrian ESDM RI, Putri Pariwisata Indonesia 2016, Bupati Sumba Timur, Bupati Sumba Barat, Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI, Ketua Panitia Natal Nasional 2017 GMKI,  Ketua Paduan Suara GKS Jemaat Waingapu, ketua Paduan Suara GKS Jemaat PAYETI dan lilin terakhir  mewakili seluruh Undangan. 

Selaian tamu kehormatan acara ini juga dihadiri oleh Bupati Sumba Timur, Bupati Sumba Tengah, perwakilan Bupati Sumba Barat, perwakilan Bupati Sumba Barat Daya, Tokoh Agama Tokoh Masyarakat, Organisasi Cipayung,  GMNI Cabang Waingapu, OKP Lokal IKPL Waingapu, Ketua BEM PDD Sumba Timur dan semua pengurus GMKI se-Indonesia serta tamu undangan lainnya. 

Bupati Sumba Timur dampingi Dubes Palestina Saat perayaann Natal GMKI
Bupati Sumba Timur dampingi Dubes Palestina Saat perayaann Natal GMKI

Acara Natal GMKI 2017 ini dimeriahkan oleh Pujian Solo dan paduan suara dari GKS Payeti, Paduan suara Victoria GKS Waingapu, Teater GMKI Sumba, tarian dari Sanggar Ori Angu, dan Tarian Kataga dari GMKI Waingapu.

Adapun dalam kegiatan ini disampaikan sambutan-sambutan yakni Sambutan Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mblijora M.Si, Sambutan Kementrian Agama RI diwakili Direktur Pendidikan Agama Kristen Kementrian Agama RI, Sambutan Menteri ESDM diwakili Direktur Penerimaan Mineral dan Batubara Menteri ESDM RI, Sambutan Ketua Umum Ketua GMKI periode 2016/2018. 

Dalam sambutannya Bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mblijora M.Si sangat mengapresiasi kerukunan antar umat beragama di Sumba khususnya di Sumba Timur. 

“Urusan toleransi beragama sangat tinggi terbukti dari 6 kali diadakan pertandingan antar umat se-Pulau Sumba tidak pernah diciderai oleh isu agama, sehingga kami berani mengatakan jika bicara masalah toleransi beragama maka mari belajar dari Sumba” ungkapnya. 

Lebih lanjut GBY sapaan akrab bupati Sumba Timur ini mengatakan untuk diketahui bahwa kehidupan umat beragama selama ini selalu  berdampingan baik  antara Agama Kristen Protestan, Katolik, Islam, Hindu, Budhha, Konghucu dan aliran Kepercayaan Marapu. 

“Dengan rasa toleransi dan solidaritas yang sangat tinggi,  tanpa terprovokasi isu-isu agama dan radikalisme yang berasal dari luar daerah maupun luar negeri, kerukunan umat beragama si Sumba patut mendai contoh” tuturnya dengan pasti.

Pantauan media perayaan Natal  Natal Nasional 2017 GMKI di pulau Sumba yang diketuai oleh Umbu Lili Pekuali ST,MT yang tidak lain adalah Wakil Bupati Sumba Timur  berjalan penuh hikmad yang diikuti oleh seluruh anggota GMKI se-daratan Sumba dan tokoh-tokoh agama. (STM),-