Yayasan Bahtera Gelar Dialog Kebijakan Multi/Pihak Bersama Pemda Dan Komunitas Sekolah

Waikabubak-SJ…….. Yayasan Bahtera menggelar Dialog Kebijakan Multi/Pihak antara Pemerintah Daerah dan Komunitas Sekolah pada Kamis,(27/02/2020)di Aula GKS Waikabubak.

Sementara itu Direktris Yayasan Bahtera Martha Rambu Bangi mengatakan bahwa Yayasan Bahtera adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang selalu berupaya untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Sumba Barat dengan penguatan sumber daya manusia. Untuk melakukan kerja-kerja advokasi yang fokus untuk mempengaruhi dan memantau proses perencanaan dan penganggaran sektor pendidikan infrastruktur, beasiswa dan isu-isu lain seperti kualitas guru untuk memperbaiki tata kelola anggaran infrastruktur pendidikan monitoring pelaksanaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) termasuk penggunaannya secara layak oleh keluarga, serta aktif melacak anak-anak putus sekolah dari keluarga miskin untuk kembali bersekolah.

Program promosi prakarsa masyarakat sipil untuk pendidikan inklusif dan berkualitas di Indonesia (Pro – InQluEd) telah memasuki 2 tahun,  berbagi pendekatan strategi dan kegiatan dilakukan diantaranya pembentukan dan penguatan jaringan 10 komunitas Sekolah Dasar, pembentukan Forum Komunikasi Sekolah tingkat Kabupaten, pendampingan dan tata kelola, pemantauan dan riset program Indonesia Pintar/ PIP.

“Persoalan atau masalah yang terjadi merupakan tanggung jawab semua pihak baik Bahtera, jaringan NGO/LSM/Program, komunitas sekolah dan pengambil kebijakan pada level pemerintah Kabupaten dan DPRD. Oleh karena itu komunitas sekolah, jaringan NGO ingin berdiskusi secara terbuka dengan pengambil kebijakan pada level kabupaten Sumba Barat melalui ruang dialog ini dapat berbagi praktek baik dapat pula mendiskusi persoalan yang terjadi terkait strategi mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan inklusif” ungkap Martha.

Pantauan media kegiatan dihadiri oleh DPRD Sumba Barat, Bappeda Sumba Barat, Dinas Pendidikan, DKIPS, Bagian Organisasi, Save The Chiledren, Stimulan Institut, Bruderan Alma, Bank BRI dan awak media yang turut meliput kegiatan dialog tersebut.

Baca Juga :   SLD ORANG MUDA YANG PEDULI PENDIDIKAN

Diharapkan dengan adanya dialog ini Pemerintah Daerah dapat mengetahui persoalan yang ada terkait sekolah dan komunitas sekolah serta adanya rekomendasi dan strategi bersama untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan inklusif.  *****

Liputan: Yunia Boling,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.