Gubernur NTT Apresiasi BLK Don Bosco Sumba

Tambolaka-SJ………… Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat  (VBL) memberi apresiasi pada Balai Latihan Kerja (BLK) Don Bosco yang sudah membantu perkembangan sumber daya manusia di Provinsi NTT khususnya di Pulau Sumba.

Demikian disampaikan saat  VBL saat  mengunjungi beberapa tempat pelatihan di kompleks BLK Don Bosco, Desa Weepangali Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Sebagai Gubernur saya memberikan penghormatan kepada bruder yang ikut membantu peningkatan sumber daya manusia di sini. Seperti tadi yang kita saksikan banyak keahlian yang diajarkan disini yang tentunya kami pemerintah pun tidak tutup mata soal ini” ungkapnya.

Gubernur VBL menambahkan, kita sudah kolaborasi  tadi hal-hal yang menjadi tanggung jawab pemerintah akan diselesaikan melalui ibu kadis dan pak Bupati SBD sehingga dampaknya bisa lebih besar lagi dari saat ini.

Dalam kesempatan itu VBL juga meminta para siswa di Balai Latihan Kerja (BLK) Don Bosco untuk bisa jadi Wirausaha dan Bisnisman baru untuk membangun Sumba ke depannya.

Dirinya juga sempat beberapa kali menanyakan kegiatan dan pelajaran yang diterima para siswa bahkan di kelas pelatihan komputer VBL sempat berbincang dengan para siswa dan menanyakan ilmu apa yang sudah diperoleh sejauh ini.

“Kamu sudah bisa mengoperasikan komputer sekarang? Apa yang bisa kamu lakukan? Excel, dan Power Point iya. Berarti saat kerja di perkantoran kalian sudah bisa mengoperasikan komputer iya,”tanyanya.

Mendengar pertanyaan Gubernur VBL, para siswa pun langsung menjawab dengan beragam jawaban termasuk juga para instrukturnya. Hal ini pun ditimpali dengan pernyataan Gubernur VBL yang menginginkan para siswa/i di BLK untuk bisa berdikari tanpa harus menjadi Pegawai Negeri. Hal ini sebutnya karena para siswa/i di BLK punya ketrampilan yang cukup baik sehingga para siswa/i layak bekerja di perusahaan besar untuk mengembangkan dunia wirausaha.

Baca Juga :   Satgas Yonarmed 3/105, Latih Seni Musik Drum Band SMP Gita Surya

“Jangan mau jadi Pegawai Negeri atau kalian mau jadi Pegawai Negeri. Jangan dong. Kamu sudah sekolah dan harus jadi wirausaha. Nanti kamu akan jadi mandiri. Di sumba ini banyak kegiatan wirausaha yang harus kita dorong. Saya perlu anak muda yang konsisten dan komitmen untuk bangun,”katanya.

Dipantau oleh media ini, usai turun dari kendaraan, Gubernur VBL ditemani Bupati SBD dan rombongan langsung diterima pengelola BLK, Br. Ephrem Santos, SDB dan diantar melihat-lihat aktivitas para siswa/i di BLK tersebut.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Anggota DPR RI, Ratu Wulla Talu, Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Kepala Dinas Naketrans Provinsi NTT, Ketua DPD Nasdem SBD, Markus Dairo Talu, Pj Sekda SBD, Frans M. Adilalo, dan sejumlah kepala Dinas Lingkup Pemkab SBD. Usai melakukan kunjungan di BLK Don Bosco, rombongan Gubernur NTT melanjutkan kunjungannya ke Kabupaten Sumba Barat. *** (Octa/002-21),-