YATUTIM TINGKATKAN KAPASITAS KEPSEK DAN MUTU SEKOLAH

Tambolaka-SJ…………………. Demi  meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Sumba Barat Daya yang masuk dalam urutan 5 besar terendah di Provinsi NTT, Yayasan Tuna Timur (YATUTIM) gelar pelatihan  peningkatan kapasitas kepala sekolah dan pengembangan mutu sekolah 4-5 Oktober 2019 di aula kantor YATUTIM, Tambolaka SBD.

Sebanyak 55 kepala sekolah dari tingkat SD sampai dengan SMA-SMK yang tersebar di kabupaten SBD mengikuti pelatihan tersebut. Pimpinan YATUTIM Dr. Soleman Lende Dappa dan Yulius Djawamara, S.Pd Pengawas Provinsi NTT jenjang SMA/SMK derajad menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan tersebut.

“Data di SBD membuktikan bahwa masih terdapat anak sekolah kelas 5-6 SD belum bisa baca tulis, bahkan ditingkat SMP hingga SMA/SMK sederajat masih ditemukan siswa siswi yang belum lancar dalam membaca, menulis dan menghitung” ungkap Dr. Soleman dalam sambutannya.

Lebih lanjut SLD sapaan akrab direktur YATUTIM ini mengatakan masalah pendidikan ini bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah tetapi merupakan tanggung jawab bersama semua pihak di SBD termasuk YATUTIM didalam upaya memberantas buta huruf.

“Kita tidak bisa lepas Pemerintah Daerah sendiri berjuang dan bekerja tetapi perlu keterlibatan YATUTIM, karena itulah peran kepala sekolah SD dipacu untuk mempersiapkan guru-guru yang berkualitas untuk meningkatkan strategi pengajaran khususnya siswa kelas 1 dan 2 SD untuk memastikan sudah bisa membaca dan menulis” tuturnya lebih jauh.

SLD menjelaskan dilain pihak tantangan lain yang dihadapi adalah perubahan yang begitu cepat pada zaman sekarang ini. Siap atau tidak siap perkembangan zaman terus berjalan. Untuk itu melalui peningkatan kapasitas kepala sekolah dan pengembangan mutu sekolah sangat diperlukan melalui aktualisasi program-program pendidikan di tingkat satuan pendidikan YATUTIM.

Direktur YATUTIM, Dr. Soleman Lende Dappa, M.Hum (kanan) dan Pengawas Pendidikan Prov NTT Yulius Djawamara, S.Pd

YATUTIM yang mempunyai 55 sekolah di SBD memasang target menjadi salah satu lembaga pendidikan yang berusaha meningkatkan mutu pendidikan di SBD. Oleh karena pelatihan saat ini merupakan salah satu alat untuk menyiapkan tenaga pengajar dan manajemen sekolah yang baik guna menjawab tantangan yang dihadapi SBD secara khusus.

Baca Juga :   PENTAS BERBAHASA INGGRIS SISWA-SISWI JF COURSE

Dr. SLD juga berharap para peserta serius dalam mengikuti pelatihan ini serta secara bersama-sama menyatukan tekad untuk mengangkat kabupaten SBD sebagai kabupaten terendah dalam mutu dan kualitas pendidikan di NTT serta menyiapkan kualitas SDM yang baik guna menyongsong perkembangan zaman serba tekonologi di masa-masa sekarang ini.

Pantauan media pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas ini mendapat respon yang tinggi dari guru-guru YATUTIM dan pelaksanaan pelatihan ini sendiri diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut mulai dari tanggal Jumat, 4 Oktober sampai dengan 5 Oktober 2019.****** (Octa),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.