Wisuda Gabungan SMA & SMK lingkup YATUTIM bagian Wewewa dan Loura Kota

Elopada – SJ,…….. Perintah UUD 1945 bahwa ada 3 hal yang disampaikan disana kalau negara harus menghormati, melindungi dan memenuhi hak hak dasar warga negara yang salah satunya adalah hak warga Negara dalam memperoleh Pendidikan, dan juga dalam Undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan mengamanahkan bahwa  ada 3 jalur pendidikan diantaranya adalah Jalur Formal, Non formal dan Informal.

Pdt. DR. Soleman Lende Dappa (kedua dari kiri depan) bersama para tamu dan wisudawan YATUTIM

Dipusatkan di Aula SMK TUTIM ELOPADA, dilakukannya wisudawan dan wisudawati yang berjumlah  312 orang siswa oleh YATUTIM (Yayasan Tunas Timur) yang sudah menamatkan pendidikannya. Sambutan yang luar biasa oleh panitia serta pengurus YATUTIM dengan Tarian Penjemputan Ketua Umum YATUTIM Dr. Soleman L. Dappa, S. Hut, M. Th, M. Pd.K dan rombongan yaitu Kepala Seksi SMA UPTD wilayah X (Bpk Bafruddin).

“Peristiwa hari ini adalah momentum tepat proses penyadaran bagi orang tua, wali murid dan juga siswa siswi untuk memahami dan mengerti bahwa pendidikan itu investasi jangka panjang, perubahan sebuah daerah  Provinsi  NTT bisa terwujud jika tingkat pendidikan semakin hari semakin baik” ungkap Pdt Soleman Lende Dappa sebagai Pimpinan YATUTIM, didepan orang tua murid saat acara Wisuda Gabungan SMA & SMK lingkup Yayasan Tunas Timur, Jum’at 11 Mei 2018 siang tadi.

Lebih lanjut Pdt. SLD sapaan akrab pimpinan Yatutim ini  yang juga sebagai bakal calon legislatif Pusat dari Partai Kebangkitan Bangsa bahwa dengan pendidikan berkualitas yang dimilki anak anak bisa menjadi modal sosial untuk melakukan perubahan sosial dalam keluarganya dan dengan pendidikan yang baik  harkat dan martabat bisa terangkat.

Baca Juga :   NTT RAWAN BENCANA ALAM

SLD juga dalam melepas atribut perwakilan wisudawan dan memberi penghargaan pada lulusan terbaik SMA dan SMK.

Dalam rangka meringankan beban orang tua siswa,  kami akan mencarikan donatur bagi yang ingin melanjutkan kuliahnya  sekitar 150 orang  kuliah gratis untuk  jurusan Pendidikan Kristen dan Kependetaan. Untuk pembiayaan makan, minum, asrama dan uang SPP sampai wisuda” tutup Pdt Soleman Lende Dappa,.

Salah satu orang tua siswa Lukas L. Bili mengatakan sangat senang dengan niat baik YATUTIM untuk membantu para orang tua siswa yang tidak mampu dengan menawarkan jasa untuk mencari donatur membiayai anak-anak mereka untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang strata satu.

“kami sebagai orang tua mengucapkan terima kasih atas perhatian YATUTIM, ini menunjukan bahwa YATUTIM sangat peduli akan pendidikan di SBD, kiranya Tuhan saja yang membalas jasa bapak Pdt. SLD” ungkapnya penuh haru.

Hal senada juga diungkapkan tokoh masyarakat asal Wewewa, Octa D. Talu bahwa YATUTIM adalah yayasan mulia milik Pdt. Soleman Lende Dappa, yang sudah banyak membantu anak-anak sekolah di SBD.

“sudah sewajarnya kita sebagai masyarakat SBD dan Sumba pada umumnya untuk mendukung rencana beliau (SLD) apabila dicalonkan sebagai calon DPR RI oleh PKB, maka kita harus mendukungnya penuh, SLD sudah memberi bukti bukan hanya janji” tuturnya.

Lebih lanjut Octa mengatakan bahwa YATUTIM harus mendapat dukungan dari semua pihak di Sumba, karena sudah membantu meningkatkan pendidikan dengan memberikan pendidikan gratis. Dan YATUTIM sudah tersebar luas di SBD khusus.

“Rencana beliau (SLD) mencarikan donatur bagi alumni YATUTIM untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, adalah satu rencana mulia yang sebenarnya merupakan rencana Tuhan pemilik kehidupan ini dan bapak SLD adalah perantara saja. Sukses buat SLD dan YATUTIM” tutupnya.   (AH),-