VIRUS CORONA MENYADARKAN DUNIA PENTINGNYA UPAYA PENCEGAHAN SEBELUM DIOBATI

Eduard Lorens Fasius, S.KM,-

Virus Corona merupakan satu dari ribuan agen tunggal yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Virus corona memiliki ciri khas sama dalam siklus mata rantai penularan yaitu dari individual yang terpapar ke individu lain. Dalam ilmu epidemiology kesehatan dapat dijelaskan bahwa ada penyebaran, frekuensi dan faktor -faktor penyebab suatu penyakit sehingga berdasarkan variabel epid dimaksud adalah tempat, orang dan waktu.

Pada kasus virus Corona ini jika kita berpijak pada konsep dasar ilmu epid sangat jelas proses terjadinya wabah corona bahwa semua jenis penyakit menular karena virus memiliki mata rantai penularan.

Bicara mata rantai penularan sudah diuraikan di atas dari orang yang terpapar ke orang lain yang memiliki faktor resiko terinveksi karena daya tahan tubuh lemah, kurangnya kesadaran hidup sehat dan perlindungan diri. Sehingga hemat saya adalah upaya paling startegis dan mudah adalah pencegahan. Pencegahan yang dimaksud ialah meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga sanitasi lingkungan, perlindungan diri dan polah hidup sehat.

Banyak narasi yang dibangun berbagai pihak untuk menggambarkan virus Corona tentu ini bukan mitos Yunani atau Mesir kono atau takhayul belakang namun inilah kondisi terkini dunia seperti shok bahkan ketakutan akan wabah. Bila kita menarik hikmanya virus Corona sedang mengingatkan kita bahwa pentingnya upaya pencegahan didunia kesehatan melalui tindakan nyata seperti yang telah diuraikan ditas. Kita harus sadar bahwa ada ribuan virus yang ada disekitar kita yang dapat merugikan kita bila mengabaikan tindakan pencegahan. Mengapa karena kehadiran virus baru belum tentu ada obat dan pengobatannya.. Singkat cerita ayo lakukan upaya pencegahan, jangan takut, kita adalah polisi bagi diri sendiri..

Baca Juga :   Wakil Ketua I DPRD Minta Polres SBD Tangkap Penyebar Berita Hoax

Salam Kesmas: Eduard Lorens Fasius, S.KM.- (pemerhati kesehatan)