TOKOH AGAMA DAN TOKOH MASYARAKAT SEPAKAT AWASI PEMILU 2019

Waingapu-SJ…………….Upaya mencegah penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian dalam menghadapi Pemilu 2019 serta penggunaan isu Suku, Ras dan Agama (SARA) sebagai senjata dalam kontestasi politik. Maka Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur melakukan kerja sama dengan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk turut andil dalam menciptakan demokrasi yang berintegritas dan damai melalui kegiatan sosialisasi, yang diselenggarakan di Aula Padadita Beach Hotel. Senin, 24 Desember 2018, dengan Tema Sosialisasi Kerjasama Pengembangan Pengawasan Partisipatif Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, yang diikuti oleh sejumlah perwakilan dari setiap tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga, SE saat diwawancara usai kegiatan mengatakan bahwa tokoh agama dan tokoh masyarakat memiliki peran strategis menciptakan pemilu yang berkualitas.

“Bukan saja Bawaslu yang memiliki peran dalam proses pengawasan atau organisasi kepemudaan saja. Tetapi peran serta agama dalam menciptakan pemilu yang berkualitas dan damai sangat strategis. Sehingga kami melakukan kerja sama dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat” ungkap Anwar.

Ketua Bawaslu Sumba Timur ini berharap kiranya peserta dapat menularkan informasi di gereja, komunitas maupun lingkungan sosial lain.

“Kami berharap agar mereka dapat menyampaikan informasi – informasi penting di Gereja, Mesjid atau di tempat – tempat beribadah, komunitas dan lingkungan sosial dimana mereka berada” harap Anwar.

Anwar melanjutkan, diharapkan masyarakat dilingkungan mereka bisa mengetahui tentang ketentuan pemilu sehingga pelanggaran dapat diminimalisir.

Gama Anindyaguna, Sik, MH, Kasat Reskrim Polres Sumba Timur yang juga sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut saat ditemui media mengatakan bahwa Polres Sumba Timur siap mengawal pemilu 2019.

“Pada prinsipnya Polres Sumba Timur siap mengawal pemilu 2019. Jika ada pengaduan dari masyarakat dan setiap pelanggaran pemilu kami secera terpadu bersama Kejaksaaan Negeri Waingapu selalu berkoordinasi dalam penyelesaian pelanggaran di Pos Gakumdu di kantor Bawaslus Sumba Timur” tutur Gama.

Baca Juga :   KONTAK Rayakan Kemenangan Dengan Berjalan Kaki

Salah satu tokoh agama Katolik,Veronika Beka Mayorga ketika di temui media seusai kegiatan memberikan apresiasi kepada Bawaslu yang teleh melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam pengawasan pemilu 2019.

“Saya senang dengan adanya kegiatan ini karena kami dapat informasi yang banyak demi terciptanya demokrasi yang berkualitas dan bermartabat. Dan saya juga memberikan apresiasi kepada Bawaslu yang telah memberika ruang kepada kami dalam proses pengawasan” ungkapnya.

Veronika melanjutkan, dari pihak gereka Katolik sangat menginginkan penyelenggaraan pemilu berjalan dengan lancar dan kami selalu mendoakan hal tersebut. Sehingga dengan sendirinya tercipta pemimpin yang betul – betul berpihak pada rakyat serta mengutaman kesejahteraan masyarakat.

Pantauan media, setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan pembagian buku terkait dengan Peran serta Agama dalam Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas kepada setiap perwakilan tokoh agama. (JSW),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.