Tingkatkan Kualitas Wartawan Melalui Pelatihan Jurnalistik

Tambolaka-SJ….. Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumba Barat Daya (SBD) lakukan kegiatan pelatihan jurnalistik bagi wartawan media cetak maupun elektronik tingkat kabupaten di Aula Hotel Sumba Sejahtera, selasa (17/7/2018).

Kadis Kominfo SBD, Drs. Andreas B. Dendo, saat membuka kegiatan pelatihan Jurnalistik

Kegiatan yang dibawakan oleh narasumber dari wakil ketua bidang pendidikan dan pelatihan PWI NTT ini mengundang beberapa jurnalis media cetak dan online yang ada di SBD diantaranya yaitu Victory News, Timex, Suara Jarmas, Pos Kupang, Sumba Pasola dan Pena Sumba.com.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Kominfo Andreas B. Dedo mengatakan bahwa  kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas wartawan dan memberikan pemahaman jurnalistik yang baik dan benar kepada wartawan yang ada di SBD dalam menjalankan tugasnya.

Tony Kleden saat memberikan kata-kata pembuka dalam pelatihan jurnalistik di Tambolaka

“kita mau meningkatkan kualitas sumber daya manusia  dalam bidang komunikasi dan informasi serta memberikan pemahaman jurnalistik yang baik dan benar bagi semua wartawan yang ada di SBD dalam menulis dan menyebarkan informasi kepada masyarakat”ungkapnya.

Lebih lanjut Andreas mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan program tahunan yang di programkan dari dinas guna menfasilitasi para media dan jurnalis untuk mendukung pembangunan di SBD.

Petrus Piter wartawan Pos Kupang, saat mengajukan pertanyaan terkait materi pelatihan

“Kami sangat merasakan betul peran media dari awal pembentukkan kabupaten ini sampai sekarang banyak sekali membantu pemerintah dalam memberikan  informasi yang disebarkan ke publik sehingga setiap tahun kita fasilitasi dengan program pelatihan seperti ini agar kedepanya bisa lebih baik karena para jurnalis merupakan mitra dari pemerintah” lanjutnya.

Selain itu ia mengatakan permintaan maaf karena selama ini pemerintah kurang begitu memperhatikan kebutuhan dari wartawan itu sendiri.

Baca Juga :   IKBS JAKARTA SPONSORI PERJUANGAN MENUJU PROVINSI SUMBA

Sebenarnya pemerintah punya kewajiban untuk memfasilitasi kebutuhan media melalui dinas kominfo ini tapi masih belum bisa terwujud karena kami masih terkendala dengan gedung dan biaya” tuturnya.

Wartawan Suara Jarmas berpose bersama sebelum pelaksanaan pelatihan Jurnalistik

Ditempat yamg sama salah satu peserta dari Pena Sumba.com Yeremias B. Kewuan mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat baik dan sangat memotivasi bagi para jurnalis dalam menulis karena narasumber yang memberikan materi sangat berpengalaman.

“Kegiatan ini sangat baik sekali karena bukan hanya belajar tentang teknis menulis saja tetapi ada motivasi lebih banyak lagi jurnalis untuk menulis yang bernilai bagi orang banyak karena  narasumbernya adalah orang yang sudah mengabdikan hidup dalam dunia jurnalistik sehingga pantas digali pengalamanya”tuturnya. (JNL),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.