Tarian Tradisionil Sambut Rombongam BKKbN Di STT GKS Lewa

(Kiri ke kanan depan) Rektor STT Lewa, Pdt. Matius Umbu Bolu, M.Th., Kabid Dewa Nyoman Karya,   Drs. Julianus PoteLeba, M.Si Anggota DPR RI Komisi 9, Kadis DP3AP2KB Sumba Timur Umbu Ngadu Ndamu, SH.M.Si.,Kasubid Hubaula BKKBN NTT Dra. Yasni Saudila.

Lewa-SJ………… Program Generasi Berencana (Genre) yang dicanangkan oleh BKKbN Nasional melalui sosialisasi di sekolah-sekolah  juga dilakukan di Perguruan tinggi seperti yang berlangsung di STT GKS Lewa tanggal  7 November  2018 dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi IX Drs. Julianus Pote Leba, M.Si sebagai mitra Kerja, perwakilan BKKbN Nasional, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sumba Timur  dan mahasiswa STT GKS Lewa. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula STT GKS Lewa ini dipantau berjalan lancar dan meriah karena penyambutan rombongan BKKbN di lakukan dengan 6 Tarian traditional, Walau mengaku kesulitan mempersiapkan segala sesuatu persiapannya Ketua BEM STT Lewa, Bernadus Z.W Liwang mengatakan bahwa penampilan Penari STT Lewa.

“Waktu persiapan kami memang tidak lama tapi kami sangat maksimal saat menampilkan Tarian penyambutan ini, ada 6 Tarian yang di gabungkan menjadi satu tapi itu diatur oleh penari sehingga sayapun tidak terlalu mengetahui nama-nama tariannya” tutur Bernad ketua BEM berdarah Alor itu.

Disamping itu juga Dirinya mengapresiasi kegiatan Sosialisadi BKKbN bersama mitra kerja 2018 dan berharap mahasiswa dapat menerapkan praktek2 yg sudah didapatkan tadi dan bisa membagikan hal ini kepada mahasiswa lain dan masyarakat luas.

Salah satu penambuh gong yang enggan disebutkan namanya menuturkan bahwa penyambutan ini berisi 6 jenis tarian yakni tarian Woleka dari Sumba Barat, tarian Kataga dari Sumba Tengah, dan 4 tarian dari Sumba Timur yakni Tarian Harama, Pata Jangung, Harama dan Kadingang. Tarian ini menggunakan dua jenis tambur dan gong berbeda.

Rombongan BKKbN bersama Anggota Komisi IX DPR-RI Drs. Julianus Pote Leba, M.Si terlihat sangat menikmati tarian-tarian itu dengan senyum mekar dan disambut  tepuk tangan yang meriah dari semua peserta sosialisasi setelah penampilan 10 penari berbalut pakaian adat lengkap dengan durasi kurang lebih 30 menit itu. (STM),-

Baca Juga :   IBU YOHANA BANTAH LAKUKAN PENGAMBILAN VIDEO DI DISPENDUKCAPIL SBD