Sumba Integrated Development Gelar Workshop Manajemen Organisasi

Tambolaka-SJ…… Sumba Integrated Development didukung oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri dan Wlliam & Lily Foundation mengembangkan program Revitalisasi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik dan Integratif (PAUD HI) di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) di aula hotel Sinar Tambolaka Jumat-Sabtu (11-12 September 2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Marthen Christian Taka, S.IP didamping ketua PAUD HI SBD, Ny. Margretha Tatik W. Mete ini tujuan untamanya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan PAUD HI yang berkelanjutan melalui penguatan kapasitas dan kolaborasi lintas sektor penyedia dan pendukung layanan PAUD HI. Proyek ini akan berlangsung selama dua tahun dimulai pada Desember 2019 dan akan berakhir pada Desember 2021.

Koordinator proyek Lambertus James Dima yang ditemui media menjelaskan dalam pelaksanaan program revitalisasi PAUD HI tersebut dibutuhkan peran Gugus Tugas PAUD HI yang kuat dan aktif untuk dapat menjangkau 13 Desa dampingan yang tersebar di 3 (tiga) kecamatan di wilayah SBD. Untuk memaksimalkan peran, tugas dan fungsi Gugus Tugas PAUD HI tersebut dibutuhkan pembekalan dan pengetahuan yang memadai bagi anggota Gugus Tugas yang akan dilaksanakan dalam bentuk workshop manajemen organisasi forum. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari oleh tim proyek SBD yang difasilitasi oleh 3 trainer dari manajemen SID.

“Namun karena keterbatasan waktu pihak stakeholder, kegiatan workshop ini di laksanakan selama 2 hari. Selain bertujuan mengoptimalkan fungsi dan peran Gugus Tugas, workshop ini juga bertujuan untuk memperjelas konsep rencana aksi Gugus Tugas selama proyek berjalan bahkan keberlanjutan program setelah proyek ini berakhir” ungkapnya.

Lebih lanjut James menuturkan untuk memastikan kegiatan workshop ini berjalan dengan baik, tim manajemen SID akan melakukan persiapan bersama tim proyek SBD sebelum kegiatan dilaksanakan. Dan managemen SID akan melakukan evaluasi pasca workshop untuk mengukur persentase keberhasilan sesuai target indikator proyek.

Baca Juga :   PENTAS BERBAHASA INGGRIS SISWA-SISWI JF COURSE

James berharap melalui workshop ini terbuatnya satu rencana aksi yang disusun oleh Gugus Tugas PAUD HI kabupaten SBD selama masa proyek dengan beberapa  spesifikasi tujuan yang ingin dicapai.

Adapun tujuan yang dingin dicapai tersebut peserta mengetahui tentang konsep manajemen organisasi, meliputi: pengertian, jenis organisasi, unsur dan fungsi organisasi, dan tata kelola organisasi yaitu perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi kinerja organisasi; peserta mengembangkan rencana strategis 4 tahun organisasi dan menyusun rencana aksi selama proyek berjalan dan peserta memperbaiki fungsi dan tugas dari masing-masing anggota sesuai peran dan fungsi dalam struktur organisasi, serta tujuan dan perencanaan strategis organisasi.

Dipantau oleh media ini kegiatan workshop ini diikuti oleh 39 orang yang terdiri dari 30 peserta, 3 orang fasilitator, 5 orang tim proyek dan 1 orang Notulis. Peserta dar unsur Pemda yaitu Dinas P dan K, Inpektorat, Dinas Kesehatan (KIA & Gizi), DP3AP2KB, PLKB, Bapelitbangda, Dispendukcapil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, TA P3MD, Dinas Sosial, Bunda PAUD Kabupaten, PKK Kabupaten. Sedangkan dari luar unsur pemerintah ada IGTKI, IBI (Ikatan Bidan Indonesia), Happy Heart, PPA GKS Mata, BNPB dan SID. **** (OC$),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.