Suksesnya Demokrasi Ketika Masyarakat Terlibat Dalam Pesta Demokrasi

Ketua Bawaslu Sumba Timur Anwar Engga, SE

Waingapu-SJ…………Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur secara kesinambungan melakukan sosialiasi dan membangun kerja sama dengan semua stakeholder untuk bersama-sama mengawasi pemilu 2019 nanti. Oleh karena itu, Bawaslu Kabupaten Sumba Timur mengadakan sosialisasi Pengawasan Pemilihan Umum Pileg dan PILRES Tahun 2019, di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Sabtu, 29 Desember 2018. Yang melibat peserta sebanyak 100 orang yang berlatarbelakang LSM, aktivis perempuan, organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan.

Sosialisasi tersebut menghadirkan tiga orang narasumber diantaranya, akademisi Unkriswina Sumba, Pajaru Lombu, SH. MH membawakan materi tentang Demokrasi, Pemilu dan Kesejahteraan Rakyat, dari KPU Sumba Timur yang di sampaikan oleh Oktavianus Landi, ST tentang Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Umum 2019, Pengawasan Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 yang disampaikan oleh ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga, SE yang dimoderatori oleh Yohanis Landi, SH.

Ketua Bawaslus Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa yang melatarbelakangi Bawaslu Sumba Timur melibatkan LSM, aktivis perempuan dan organisasi kemasyarakatan ialah bahwa personil di Bawaslu hanya tiga irang, sehingga kami membutuhkan mitra untuk bersama-sama mengawasi pemilu 2019.

“Jika dilihat dari personil di Bawaslu hanya tiga orang, tentu kami tidak bisa berjalan sendiri dalam menyukseskan pemilu 2019 nanti, oleh karena itu kami sangat membutuhkan rekan-rekan sekalian untuk bersama-sama dengan kami mengawasi pemilu 2019, sehingga dari padanya tercipta demokrasi yang aman dan damai” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada peserta undangan serta narasumber yang telah meluangkan waktu mengikuti sosialisasi tersebut.

“Atas nama Bawaslu Sumba Timur, kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan peserta undangan yang telah melibatkan diri dalam sosialisasi ini” ungkap Ketua Bawaslu Sumba Timur.

Baca Juga :   KAPOLSEK LOURA SOSIALISASIKAN KAMPUNG TANGGUH PASOLA

Dalam penyampaian materi, Anwar Engga, SE menjelaskan fungsi pengawasan partisipatif bahwa bukan saja Bawaslu yang memiliki peran tetapi masyarakat juga mempunyai kewenangan dalam pengawasan dan sudah teramanatkan dalam UU No. 07 Tahun 2017 tentang pemilu.

“UU No. 07 Tahun 2017 tentang pemilu mengisyaratkan bahwa setiap WNI memiliki hak yang sama untuk turut serta mengawasi proses pemilihan dan pemilu, semua WNI wajib diberi akses untuk mengetahui aturan main dan proses setiap tahapan dalam pemilihan dan pemilu serta warga negara memiliki hak yang sama untuk melaporkan jika ada pelanggaran pemilu” jelasnya.

Marsoni Milla Njangga, SE salah satu peserta perwakilan dari Ikatan Alumni Kristen Wira Wacana (IKAWINA) Sumba saat ditemui media memberikan tanggapannya terkait kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa dalam menyongsong pemilu 2019 kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh stakeholder yang hadir karena pemilu saat ini sangat berat.

“Dalam menyongsong pemilu 2019, tentunya kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi semua stakeholder yang hadir dimana pemilu nanti sangat berat, sehingga perlu dilakukan sosialisasi-sosialisasi tentang pengawasan pemilu” ungkap Alumni Unkriswina Sumba ini.

Marsoni melanjutkan, ukuran kesuksesan sebuah demokrasi dilihat dari partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi dari setiap pemilihan. Karena dari paparan materi terkait sejarah perjalanan demokrasi sampai saat ini boleh dikatakan masih jatuh bangun sehingga perlu sebuah pembenahan terkait demokrasi kita.

Alumni IKAWAI Sumba ini berharap dari paparan materi yang telah disampaikan, kiranya peserta yang hadir dapat melakukan sosialisasi di masyarakat atau dilingkungan keluarga.

“Saya berharap kiranya semua peserta yang hadir dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat atau di keluarga kita supaya tanggal 17 April 2019 nanti masyarakat ikut menentukan pilihannnya dan hari ini kita punya tanggungjawab untuk bersama-sama dengan KPU dan Bawaslu untuk menyukseskan Pemilu 2019” harapnya. (JSW),-