STKIP WeeTobula Selenggarakan Seminar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

(Tambolaka-SJ.)– Untuk menambah wawasan atau pengetahuan para guru atau calon guru harus mengikuti beberapa workshop, pelatihan dan juga seminar. Demikian  halnya dengan Himpunan Program Studi Pendidikan Matematika (HIMAPRODIKA) yang menyelenggarakan Seminar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bagi para guru SD dan SMP serta seluruh Prodi Matematika STKIP Wee Tebula dengan pemateri dari Universitas Mataram (UNRAM) DR. Nyoman Sridana, M.Si., DR.Harry Soeprianto, M.Si dan Setiawan Budi Sartati, M.Pd.

Kegiatan ini diselenggarakan di STKIP Wee Tobula, Jumat 21 Juli 2017. Dalam sambutan Ketua STKIP yang diwakili oleh Pembantu Ketua I STKIP WTB Rm. Agustinus Tagu Danga, S.Fil,.M.Pd  mengucapkan terima kasih kepada Himpunan Program Pendidikan matematika (HIMAPRODIKA) yang menyelenggarakan kegiatan seminar ini.

“Saya pernah mendengar bahwa akan ada seminar matematika tahun lalu, namun baru diadakan sekarang dari institusi, kepada pemateri yang telah meluangkan waktu untuk memberi materi kepada para guru SD dan SMP dan juga kepada para peserta bapak ibu guru SD dan SMP serta semua mahasiswa PRODI Matematika yang hadir, kami ucapkan banyak terima kasih” ungkapnya.

Rm. Agustinus T. Danga, M.Pd Saat membuka seminar
Rm. Agustinus T. Danga, M.Pd Saat membuka seminar

Diakhir sambutannya Rm. Agus mengatakan “orang yang salah adalah orang yang belajar dari kesalahan”. Setelah memberi sambutan Rm.Agus langsung membuka kegiatan seminar dengan resmi.

Adapun materi-materi dalam seminar ini adalah DR.Nyoman Sridana, M.Si dengan tema: Matematisasi Konseptual Atau Matematika Konseptual, DR. Harry Soeprianto, M.Si dengan tema Pembelajaran Matematika Dengan Alam Sekitar dan Setiawan Budi Sartati, M.Pd dengan topik  Penerapan Matematisasi Konseptual dan Pembelajaran Matematika Dengan Alam Sekitar.

Pantauan media dalam seminar ini suasana sangat berbeda dari biasanya karena diselingi dengan berbagai permainan yang tentunya tidak keluar dari topik dan selalu bernuasa matematika. Tampak semua peserta sangat aktif dan berperan dalam seminar ini.

Baca Juga :   Uskup Weetebula Minta Pendidikan Sebagai Sarana Pewarta Khabar Gembira
Pemateri dari Universitas Mataram
Pemateri dari Universitas Mataram

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula STKIP WTB dengan tema Menjadikan Guru Matematika Yang Dapat Mengkonseptualkan Pendidikan Matemetika Dalam Kehidupan Sehari–Hari diikuti peserta dari  34 sekolah terdiri atas  17 SD dan 17 SMP yang melibatkan seluruh guru Matematika. (Emil),-