SBD SABET 8 EMAS, 7 PERAK DAN 4 PERUNGGU

Kupang-SJ………. Kegiatan Pekan Olahraga Pelajar (POPDA) V NTT yang digelar tanggal 22 – 28 Maret 2022 telah berakhir,  dari  Atlet  Cabang Olahraga (Cabor) Tinju, Atletik dan Kempo Sumba Barat Daya (SBD) berhasil mendulang  8 Emas, 7 Perak dan 4 Perunggu.

Kadispora  Sumba Barat Daya (SBD), Yohanes  Tende, SH kepada suarajarmas.com menyampaikan setelah pertandingan Final Cabor Tinju (28/3) malam di Kupang.

Menurut Yohanes Tende, SH cabang olahraga yang berhasil mengharumkan nama Kabupaten SBD yakni, cabor Tinju dibawah asuhan Wempi Naslenan berhasil mempersembahkan untuk bumi loda weemaringi pada  weemalala SBD  6 Emas, 2  perak, dan 2 perunggu. Sedangkan Cabor  Tinju masuk dalam tingkatan urutan empat peraih medali terbanyak dari 13 peserta Cabor Tinju Kabupaten/Kota se NTT.

John Tende sapaan akrab Kadispora SBD menjelaskan bahwa Cabor Atletik dibawah asuhan Pelatih, Lede Tara dan Marselinus Nono Bora sukses merai 1 medali  Emas pada Lomba Lari Estafet 4 x 400 meter dan meraih 5 Perak putra pada lomba Lari 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, dan 1.500 m.

“Sementara Cabor Kempo dibawah kendali  asuhan Simpai Petrus Bulu Malo, berhasil mendulang 1 medali Emas di lomba  Embu Solo dan 2 Perunggu di Rendori 55 kg putra dan Rendori 45 kg putri” jelasnya.

John Tende menjelaskan para atlet yang dihadirkan untuk bertanding pada kejuaraan POPDA V NTT di Kota Kupang dinilai sudah sangat maksimal dan memuaskan. Alat ukurnya adalah, sebanyak 12 Atlet yang dikirim Dispora dengan pembatasan rekrutmen seleksi atlet sebanyak 4 orang dari setiap Cabor mampu meraih dan mengukir kejuaraan antar Kabupaten/Kota dengan komposisi perolehan medali secara umum yang sungguh membanggakan untuk prestasi daerah.

Lebih lanjut  Kadispora John Tende mengatakan, kedepan kita akan fokus melakukan pembinaan terkait taktik, strategi, mental dan semangat juang untuk ditempah dan dapat tampil berkompetisi meraih prestasi yang lebih cemerlang.

Baca Juga :   Dandim 1613/SB Terpilih Pimpin PERTINA Kabupaten Sumba Barat

“Hasil kejuaraan ini akan menjadi daya dorong Dispora Provinsi NTT dalam mempersiapkan atlet menuju Prapopnas di Kalimantan Timur pada Bulan Juli 2022 dan POPNAS 2023” ungkapnya lagi.

Terkait keikut sertaan dimaksud, sudah menjadi kewenangan Dispora Provinsi NTT untuk melakukan seleksi terbatas sesuai scoring, kelas dan Cabor yang sudah ditetapkan untuk turut berpartisipasi dalam lanjutan event olahraga bergengsi tingkaf nasional tersebut.

Untuk urutan perolehan medali,  Kabupaten SBD berada di urutan ke-6, sedangkan Kota Kupang berada  di urutan pertama, disusul Kabupaten Belu dan TTS di urutan kedua dan ketiga serta Sumba Timur dan Ngada di urutan keempat dan kelima. *** (Red/001-22),-