RELAWAN DEMOKRASI HARUS TINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT

Waingapu-SJ…………….Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Timur mengukuhkan Relawan Demokrasi (RELASI) Pemilu Tahun 2019 sebanyak 55 orang sekaligus Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi anggota RELASI. Senin, 28 – 29 Januari 2019 di aula Kantor KPU Sumba Timur.

Pengukuhan Relawan Demokrasi sesuai Surat Keputusan KPU Sumba Timur nomor : 97/ Kpts / KPU – KAB / 081.434022 / 2019 tentang pembentukan dan pengangkatan anggota relawan demokrasi dalam rangka pemilihan umum tahun 2019 KPU Kabupaten Sumba Timur.

Ketua KPU Sumba Timur, Ir. Robert Gana, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa yang mendaftar sebagai calon relawan sebanyak 105 orang sesuai seleksi administrasi sampai pada tahap wawancara.

“Ada 105 orang calon relawan demokrasi sesuai seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Dan yang lolos seleksi wawancara dan ditetapkan sebagai relawan demokrasi sebanyak 55 orang” ungkap Robert.

Robert Gana menjelaskan bahwa  relawan demokrasi terdiri dari 10 basis diantaranya basis keluarga, basis pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, keagamaan, dan basis internet.

Lebih lanjut Robert menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat dalam Pileg maupun Pilpres cenderung menurun.

“Partisipasi masyarakat pada pemilu legislatif tahun 2009 sebesar 81,49%, tahun 2014 sebesar 67,93%. Pilres 2009 sebesar 77,90% dan tahun 2014 67, 93%. Dari data partisipasi masyarakat dalam pemilu legislatif maupun pemilu Presiden maupun Wakil Presiden dari tahun ke tahun cenderung menurun” jelas Ketua KPU Sumba Timur.

Diri berharap agar relawan demokrasi yang tersebar di segmen yang berbeda-beda mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu.

“Dengan partisipasi pemilih yang menurun, diharapkan relawan demokrasi bisa mendongkrang angka tersebut sehingga partisipasi masyarakat dapat meningkat sehingga demokrasi yang berkualitas dapat tercipta” harapnya.

Baca Juga :   3 Pelanggaran Pemilu Sudah Ditangani Oleh Bawaslu Sumba Timur

Salah satu anggota relawan demokrasi basis pemilih pemula, Yanto Umbu Muri ketika ditemui media menyampaikan terima kasih kepada KPU Sumba Timur yang telah mempercayai dirinya menjadi relawan demokrasi.

“Saya menyampaikan rasa terima kasih kepada KPU Sumba Timur yang telah memberikan kesempatan bagi kami menjadi relawan demokrasi untuk bersama – sama dengan KPU Sumba Timur dalam menyukseskan penyelenggaran pemilu 2019” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan adanya relawan demokrasi bisa meningkatkan partisipasi pemilih dalam pesta demokrasi yang berintegritas.

“KPU telah mempercayakan kami menjadi relawan demokrasi, maka kami akan bekerja sesuai kemampuan kami untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sesuai dengan basis kami masing – masing. Karena suksesnya demokrasi ketika masyarakat bergandengan tangan dalam dalam menyukseskan demokrasi yang berkualitas” harap Yanto yang juga anggota GMNI Waingapu. (JSW),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.