PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT UNITRI MALANG KEPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Malang-SJ………… Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak yang membutuhkan pertolongan dan pendampingan secara khusus sehingga meskipun memiliki keterbatasan mental dan fisik namun mereka tetap dapat mengikuti pendidikan dengan bantuan para pendamping yang sabar dan telaten serta media-media dan sarana belajar yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak tersebut.

Pandemi yang telah melanda Indonesia dalam 2 tahun terakhir ini berdampak terhadap hampir seluruh lini kehidupan masyarakat, tak terkecuali dalam bidang pendidikan dari tingkat pendidikan paling rendah hingga perguruan tinggi.

Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, salah satu Perguruan Tinggi di Malang Jawa Timur yang dikenal sebagai kampus kerakyatan berwawasan nasionalisme dan  kebangsaan, memiliki kepedulian  terhadap dunia pendidikan khususnya pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Bentuk kepedulian itu diwujud nyatakan melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh beberapa dosen dari Unitri Malang sesi pertama antara lain Firman Firdausi, SH., M.H., Agustinus Ghunu, SE., M.MA., M.AP., M.N. Romi A.S., SH., M.Kn., Ignatius Adiwidjaja, S.Sos, M.Si., dan Dr, Willy Tri Hardianto, S.Sos., M.M., M.AP, dengan tema “Kesetaraan Hak Anak Dalam Memperoleh Pendidikan.”

Sedangkan sesi kedua antara lain   Emei  Dwinanarhati Setyamandani, SH., LL.M., M.Kn., Noora Fithriana, S.AP., M.AP dan Dewi Citra Larasati, S.AP., M.Si., dengan tema: “Motivasi Anak Dan Penyuluhan Kebijakan Pendidikan Tingkat Dasar.”

Di sela-sela kesibukan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, para Dosen tersebut meluangkan waktu untuk melaksanakan kunjungan pengabdian kepada masyarakat dan pendampingan kepada Anak Berkebutuhan Khusus baik sesi pertama maupun sesi kedua di Yayasan Biro Psikologi dan Terapi ABK “Flanella”, Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang pada tanggal 6 Januari 2022 yang lalu.

Baca Juga :   IKIP Budi Utomo Malang Terima Mahasiswa Baru 2020 Secara Online

Selain menyampaikan materi sebagai motivasi, rombongan dosen ini juga menyampaikan bantuan berupa peralatan permainan beberapa set sebagai media pembentukan motorik halus dan kreativitas ABK.

Salah satu dosen UNITRI Malang, Agustinus Ghunu, S.E., M.MA., M.AP., yang dihubungi media ini mengatakan, pendampingan anak berkebutuhan khusus ini merupakan bentuk kepedulian kampus dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

“Ada banyak hal-hal positif yang sudah dilakukan oleh UNITRI Malang kampus kerakyatan ini dan ke depannya masih akan kita lakukan, oleh karena itu ayo kuliah di UNITRI Malang, kampus kerakyatan berwawasan nasionalisme dan  kebangsaan, jadi jangan takut kuliah di Unitri, Education For All (Pendidikan untuk semua)” ungkapnya.

Agustinus Ghunu menjelaskan, kampus UNITRI tempat dimana para generasi muda penerus bangsa dipersiapkan dan diproses agar kelak siap bersinergi membangun bangsa ini di manapun mereka berada dan bekerja setelah lulus, di seluruh wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam Kebhinnekaan dan multikultural yang mempersatukan,” ungkapnya.

Untuk diketahui UNITRI Malang  merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur Indonesia yang beralamatkan di Jalan Telaga Warna Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang 65144, memiliki slogan “Pendidikan Tinggi Untuk Semua”.

Sampai saat ini UNITRI Malang telah memiliki 6 Fakultas, yaitu Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), serta Program Pascasarjana dengan jumlah program studi sebayak 20 program studi dan ada 24 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta beberapa Organisasi Daerah Mahasiswa yang ada di UNITRI. *** (Liputan: SJ/010-22),-

Paling Dicari:

Baca Juga :   K3S GELAR RAPAT KOORDINASI TINGKAT WEWEWA BARAT