PPS adalah Ujung Tombak Terselenggaranya Demokrasi

Waingapu-SJ…… Pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kecamatan kanatang dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Sumba Timur tahun 2020 di tingkat desa atau kelurahan diselenggarakan pada hari Sabtu, (21/03/20) pagi. Bertempat di aula Kantor Kecamatan Kanatang dihadiri oleh camat kanatang, Staf Sekretariat KPU Kab. Sumba Timur, Panwascam Kanatang serta undangan Lainnya.

Umbu Renggang Marambajawa Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kanatang dalam sapaannya mengatakan, dalam rangka mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumba Timur tahun 2020 maka kehadiran panitia pemungutan suara tingkat kabupaten tingkat Kelurahan atau desa menjadi elemen yang sangat penting untuk segera dilantik dan mengerti setiap tugasnya dan harus menjalankannya dengan rasa tanggung jawab.

“Apapun motivasi kita sehingga menjadi panitia pemungutan suara di tingkat Kelurahan atau Desa tidak lagi menjadi hal yang perlu kita perdebatkan hari ini yang perlu dilakukan hari ini teman-teman harus menjalankan dan mengetahui tugas teman-teman sebagai pelaksana pemungutan suara di tingkat Kelurahan / desa serta menjalankannya dengan penuh tanggung jawab dan mengedepankan amanah rakyat”. Ujar Umbu.

Umbu juga menyampaikan kehadiran PPS adalah ujung tombak keberhasilan Pemilukada Sumba Timur 2020 sehingga PPS harus menjaga Netralitas dan Independensi sehingga tidak mengganggu proses berjalannya tugas sebagai PPS.

Selain sapaan Ketua PPK kanatang, Yacob  Njurubaha Camat Kanatang berharap bahwa anggota PPS terpilih adalah orang-orang yang memiliki kemampuan dan juga pengalaman sehingga akan melaksanakan amanat ini dengan baik sehingga proses demokrasi ini berjalan sesuai dengan asas pemilihan umum dan berlangsung sesuai aturan KPU dan undang-undang yang berlaku karena sekecil apapun peran dan tugasnya kita ada tonggak Demokrasi.

Baca Juga :   Pertemuan Bale-Bale, Strategi Menangkan MLL

“Saya sangat berharap PPS bisa menjaga netralitasnya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab walaupun sudah memiliki pilihan pribadi tetapi mohon itu bisa di rahasiakan agar tidak mengganggu saat menjalankan tugas dan juga saya menghimbau agar bisa cerdas dalam bermedia sosial karena sekecil apapun yang dilakukan, kita mempunyai peran dan tugasnya sebagai tonggak Demokrasi.” tutup Yacob Njurubaha.-

Penulis : Jumlitan Saulus Windi,-