POLSEK KODI BANGEDO GENCAR LAKUKAN PERCEPATAN VAKSINASI

Kodi-SJ………… Dalam upaya mengejar target capaian vaksinasi 70% di bulan Desember 2021 ini, Polsek Kodi Bangedo gencar lakukan Percepatan Vaksinasi Wilayah Hukum Polsek Kodi Bangedo dan Puskesmas Delu Depa, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten  Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur.

Dipantau oleh media ini, pada Selasa (30/11/21) tampak Kapolsek Bangedo bersama jajarannya dibantu kepala dusun melakukan penjemputan pada warga masyarakat yang belum divaksin untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi di Desa Merekehe Kecamatan Kodi Bangedo Kabupaten SBD.

Kapolsek Kodi Bangedo, IPDA Muhammad Luthpi Asriyan, S.Tr.K., bersama anggota 4 orang anggotanya dibantu masing-masing kepala dusun menjemput warga dengan menggunakan kendaraan Polsek Kodi Bangedo sampai ke pelosok-pelosok desa.  Lintasan yang tidak bisa dilalui mobil dijemput dengan jalan kaki mendaki dan menuruni bukit.

Kepada media ini Ipda Luthpi mengatakan percepatan vaksinasi ini untuk membantu Pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan mencapai target yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat di Jakarta. Kendala yang dihadapi adalah ketersediaan vaksin yang tidak memadai.

“Kami sangat menyayangkan masalah ketersediaan vaksin yang dimana masyarakat sudah mulai antusias mendapatkan vaksin mulai dari anak-anak umur di bawah 17 tahun dan Lansia umur di atas 60 tahun tetapi terhalang tidak bisa vaksin karena vaksin yang sesuai tidak ada” ungkapnya.

Kapolsek berharap agar Dinas  Kesehatan bisa mengusahakan dan mempercepat ketersediaan vaksin untuk anak di bawah umur 17 tahun dan lansia umur di atas 60 tahun.

“Jika vaksin tersebut sudah ada pasti target 70% bahkan lebih bisa terlayani secara maksimal” ujarnya menjelaskan.

Lebih lanjut Ipda Luthpi menjelaskan pelayanan vaksinasi yang disediakan untuk dosis I dan dosis II bagi masyarakat Kodi Bangedo. Bekerjasama dengan Puskesmas Delu Depa pada hari ini telah dilakukan vaksinasi sebanyak 204 orang dengan rincian Vaksin Sinovak umum, Dosis I,  Remaja  13 orang, masyarakat umum 3 orang, ibu hamil  1 orang.

Baca Juga :   POLRES SBD GELAR VAKSINASI COVID-19

Sedangkan untuk Dosis II terdiri atas remaja 4 orang, masyarakat umum 27 orang, menyusui 2 orang, sehingga total menjadi 50 orang. Vaksin yang terpakai 25 vial.

Untuk Vaksin jenis Vaksin Astra Zeneka, dosis I: 138 orang, Dosis II: 16 orang, total  154 orang dan yang terpakai 15 vial. Adapun ketua tim vaksinator COVID-19 Puskesmas Delu Depa dipimpin oleh Martinus Lando Mesa, S. Kep, Ns.

Kegiatan percepatan vaksinasi tersebut dimulai pada pagi hari pukul 09.00 Wita dan berakhir pada sore pukul 16.30 Wita. Kegiatan vaksinasi berjalan lancer dan aman terkendali. *** (Octa/002-21),-