Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan

Wewewa-SJ……….. Kepala Sekolah Dasar sewilayah Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) mengadakan rapat koordinasi yang dihadiri pengawas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di aula SDN Wowara Desa Waimangura, Kecamatan Wewewa barat SBD Nusa Tenggara Timur, Selasa (11/5/21).

Dalam pemaparannya ketiga pengawas wilayah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SBD, Agustinus Lede Ngongo, A.Ma.Pd., Daniel B. Lende, S.Pd dan Lidia Hamapety, S.Pd., secara bergantian menekankan maslah mutu pendidikan.

Keberhasilan program peningkatan mutu pendidikan di sekolah, menurut Pengawas perlu didukung dengan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah. Kepala sekolah harus dapat mengelola sekolah agar berkembang maju dari waktu ke waktu.  Segenap potensi yang ada harus didayagunakan seoptimal mungkin, sehingga dapat memberi dukunngan terhadap upaya-upaya peningkatan kualitas pendidikan pada sekolah yang bersangkutan.

Dalam kaitan ini, para guru perlu digerakkan secara efektif, dan hubungan baik antara mereka dibina agar tercipta suasana yang positif, menggairahkan dan produktif. Demikian pula penataan fisik dan administrasi atau ketatalaksanaan, perlu dibina secara terus menerus agar menjadi lingkungan pendidikan yang mampu menumbuhkan kreativitas, disiplin dan semangat belajar yang tinggi bagi siswa.

“Ini semua mempersyaratkan perlunya penguasaan kemampuan kepemimpinan oleh kepala sekolah”  tegas ketiga pengawas tersebut.

Lebih lanjut dikatakan,  kepemimpinan yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah sangat penting, karena kepala sekolah sebagai motor penggerak bagi sumber daya sekolah, terutama guru-guru dan karyawan. Begitu besarnya peranan kepemimpinan tersebut, maka dikatakan bahwa suksesnya atau tidaknya program peningkatan mutuh pendidikan di sekolah sebagian besar ditentukan oleh kualitas kepemimpinan kepala sekolah itu sendiri.

Dan perlu dicatat, bahwa keberhasilan seorang pemimpin dalam melaksanakan tugasnya, tidak ditentukan tingkat keahlihan dibidang konsep dan tehnik kepemimpinan semata, melainkan lebih banyak ditentukan oleh kemampuannya dalam memilih dan menggunakan tehnik atau style kepemimpinan yang sesuai dengan situasi dan kondisi orang-orang yang dipimpin.

Baca Juga :   HONOR PASKIBRA SBD TAHUN 2018 BELUM DIBAYAR

Mereka berkata, kepemimpinan dapat diartikan sebagai usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan, dan menggerakkan staf sekolah agar dapat bekerja secara efektif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah ditetapkan.

Fungsi kepala sekolah sangat penting dalam memanage sebuah lembaga pendidikan,  membantu guru-guru memahami, memilih dan merumuskan tujuan pendidikan yang akan dicapai; menggerakan guru-guru, karyawan, siswa dan anggota masyarakat untuk mensukseskan program-program pendidikan di sekolah; menciptakan sekolah sebagai suatu lingkungan kerja yang harmonis, sehat, dinamis, dan nyaman, sehingga segenap anggota dapat bekerja dengan penuh produktivitas dan memperoleh kepuasan yang tinggi. Sebagai leader yang dipercayakan untuk memenetz sebuah lembaga pendidikan harus melibatkan tokoh masyarakat, pemerintah, dan sesering mungkin bekerja sama dengan sesama kepala sekolah.

Dalamrapat koordinasi tersebut berlangsung juga  diskusi hangat mengenai proses pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Satuan Pendidikan (PATSP) kelas VI dan Penilaian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 Kelas I s.d. Kelas V yang dipandu langsung oleh Ketua K3S, Puspianus Bili Bora, S.Pd.

Selain itu juga dibahas mengenai penggunaan dana BOS dengan aturan  yang berjalan disinkronkan  dengan realitas yang terjadi di Sekolah, terutama penggunaan BOS untuk mendoping kegiatan-kegiatan seperti Rapat K3S, KKG yang membuat Kepala Sekolah dan guru lebih profesional dalam pelaksanaan tugasnya.

“Jadilah Kepala Sekolah sebagai leader yang bermutuh dalam memanage sebuah lembaga Satuan Pendidikan. Wujudkan pelaksanaan PATS dan PAS yang berkualitas. Dan gunakan dana BOS sesuai dengan regulasi yang berlaku” ungkap  Antonius Bulu Ngongo, A.Ma.Pd. *** (Piet Moa/012-21),-